Rubrik Teman Bjb 29 (Yayu)

Assalamualaikum wr. wb.

Minna Konnichiwa Rahmawati Rahayu desu. Demo, Yayu to yonde kudasai. Brebes kara kimashita. Yoroshiku ^^

Sesuai janjiku pada diriku, saya akan menciptakan rubrik sesudah siklus ketiga BJB Kurasu berakhir. Sebelum kalian membaca rubikku ini, disarankan untuk menyediakan beberapa kudapan alasannya yakni ini cukup panjang dan cukup membutuhkan waktu usang untuk membacanya.

Hmm, mulai kisah darimana ya? Dari awal saya suka Jepang yah? Aku suka Jepang bukan alasannya yakni anime. Sejak saya masih sekitar kelas 6 SD, saya suka sekali dengan bunga sakura. Jujur, saya sama sekali nggak suka warna pink, alasannya yakni menurutku warna pink itu terlalu feminim dan kesannya kemayu. Tapi, entah kenapa ketika melihat sakura, opini itu sanggup hilang dari pikiranku. Ya, cinta emang membutakan mata, kan? Lalu, ketika saya kelas 8 SMP, saya memutuskan untuk memulai berguru bahasa Jepang. Tentunya secara otodidak. Dicarilah blog ke sana ke sini. Sampai ada seseorang (yang saya kenal dari akun facebook) memperlihatkan sebuah link. Diceklah link tersebut.

Dan… Tada Ini yakni awal pertemuanku dengan Bahasa Jepang Bersama. Keliling blog ternyata materinya lengkap. Awalnya saya mikir, " wahh, ini yang punya blog berguru darimana? Ilmunya diberikan secara cuma-cuma". Hampir di offline pageku isinya bahan dari BJB. Beberapa bahan saya tulis di buku dan kadang saya baca lagi pas ada waktu senggang. Pernah waktu itu saya baca bahan BJB di angkutan umum pas waktu pulang sekolah. Lalu ada temenku bilang," kau mah kurang kerjaan nulis kek gitu segitu banyaknya". Kayak gitu dibilang kurang kerjaan katanya :" Tapi, saya merasa berguru belajar sendiri sendirian itu punya banyak kendala, menyerupai nggak ada yang ngebenerin kalo salah dan kadang gundah harus mulai dari mana alasannya yakni berguru pas mood doang. Soalnya di daerahku sulit menemukan kursus bahasa Jepang, kalo ada pelajaran bahasa Jepang itu pun biasanya di SMK. Itulah kenapa, bertemu BJB menyerupai bertemu jodoh idaman. Hihihi Sayangnya, sekitar kelas 9 Sekolah Menengah Pertama saya harus hiatus berguru bahasa Jepang alasannya yakni persiapan UN dan masuk SMA.

Saat kelas 10 Sekolah Menengan Atas masih belum sanggup berguru bahasa Jepang alasannya yakni sibuk dicekoki pelajaran saintek :" Sampai pernah sakit berbulan-bulan, tapi kini Alhamdulillah sudah sembuh. Lalu saya mencoba berguru lagi, mengelilingi blog BJB kembali dan tanpa sengaja menemukan instruksi QR line BJB. Aku add. Tapi, alasannya yakni jarang pake line (karena saya lebih suka pake WA) jadi nggak tau update-an dari BJB dan hasilnya line saya uninstall.

Sekitar bulan April, saya iseng install line lagi. Dan ada post dari BJB yang sedang open member untuk siklus ketiga. WOW!! Aku iseng-iseng ikutan. Beberapa hari menunggu dan hasilnya seorang admin BJB berjulukan Licht mengonfirmasi formulirku. Ya Allah, inikah yang namanya senang :3.

Pas masuk BJB Kurasu, saya merasa ilmuku sangat di bawah standar mengamati member lain. Itu agak bikin semangat luntur. Tapi tak apa, kini saya sudah cukup sanggup mengimbangi ilmu mereka walaupun masih pas-pasan. Belum ada satu bulan masuk BJB NiKu. Aku sudah mencicipi kedekatan dengan para member. Rasanya menyerupai mempunyai keluarga baru. Kenapa? Sejak dulu, saya pengen banget punya temen yang punya tujuan sama dan cita-cita yang sama. Punya temen yang tujuan sanggup bahasa Jepang dan cita-cita sanggup pergi ke Jepang. Karena kebanyakan temanku suka anime tapi tak begitu suka bahasa Jepangnya. Kalau mereka suka bahasa Jepang alasannya yakni anime, tapi saya suka anime alasannya yakni bahasa Jepang, "Aku menemukan semua itu di BJB."

Anggota yang paling berkesan untukku itu Licht-senpai. Dia orang kedua yang saya kenal di BJB (setelah Riizhu-senpai tentunya). Waktu saya mau buat yomikaki untuk formulir open member, saya download VN dari Raito. MasyaAllah, suaranya imut banget. Ternyata dialah orang sesungguhnya. Licht-senpai no koe ga kawaii yo Atashi suki da yo  Siapa sih yang nggak oke bunyi Licht-senpai itu imut? Semenjak itu dan hingga ketika ini saya nge-fans Licht-senpai. Licht-senpai ini member yang paling banyak fans alasannya yakni suaranya. Dan saya yakni salah satu dari mereka. Tapi, saya ingin tau kenapa beberapa member manggil kak Licht dengan Faa. Ternyata nama aslinya Nurul Fatimah, orang Klaten (pasti kak Licht orangnya lembut+kalem nih). Yang lebih mengejutkan lagi, dengan bunyi imutnya, beliau bukan lagi seorang pelajar, lho. Memang sulit dipercaya, tapi begitulah kenyataannya. Licht-senpai ini suka koleksi film alasannya yakni sudah sekitar 8 tahun nggak nonton tv. Suka membaca buku juga dan koleksi bukunya sudah buanyaaak sangattt Kakkoii, ne.

Lalu ada Hirma-senpai. Kak Hirma ini suka menggambar dan sudah punya komiknya sendiri di webtoon, lho Subarashii Judul komiknya "Dunia di Balik Goresan", walaupun komiknya belum resmi, semoga cepat diresmikan. Aamiin Kak Hirma ini orisinil Makassar. Aku nggak tau banyak soal kak Hirma, soalnya kak Hirma akhir-akhir ini tampaknya sibuk sekali. Tapi semoga kedepannya sanggup lebih bersahabat dengan kak Hirma ☺

Lalu ada kak Mul. Dari pengamatanku, beliau orangnya cukup bawel+cerewet. Tapi beliau itu baik dan ramah kok. Udah gitu lucu lagi. Gelarnya "Ratu Typo". Karena kak Mul, di grup OOT BJB WA saya pernah dibilang "Putri Typo" anaknya kak Mul (tapi saya lupa siapa yang bilang, nggak 'ngeh' sama orangnya). Dia suka sekali Doraemon. Tingginya sekitar 160 cm, lho. Menurutku itu tinggi banget alasannya yakni rata-rata sahabat cewe sekelasku tingginya 150-an. Tapi kak Mul malah pengen pendek biar agak moe-moe gimana gitu. Aku malah pengen tinggi :" Dan kak Mul pernah gagal ikut seleksi Paskibra hanya alasannya yakni berat tubuh kurang 1 kg. Kak Mul ini juga punya kepribadian sama kayak aku, nggak suka bunyi bising. Gimana yah, walaupun kita banyaomong di grup, seenggaknya nggak ada bunyi bising yang bikin kepala nyut-nyutan. Karena ribut di grup itu cuma dibaca, nggak didengerin. Dia suka masak, suka pedes dan nggak terlalu suka elok (mungkin alasannya yakni kak Mulnya udah manis, hihihi ) Pokoknya asik deh ngobrol sama kak Mul, sampe kita follow-followan akun instagram. FYI, kak Mul ini namanya panjang banget. Cuma satu hal yang ingin saya tanyakan ke kak Mul. Kak Mul dulu pas UN ngisi namanya di lembar ujiannya usang nggak? Kan harus buletin hurufnya satu per satu? 

Lalu ada kak Ayu nih. Kak Ayu ini saya kenal dari grup WA. Dia ini (menurutku) istri idaman lho Hobinya stalk. Seperti mantan mata-mata, hebat sekali mencari informasi. Aku pernah di stalk kak Ayu, dan fotoku di share di grup WA. Tapi stalknya kak Ayu niatnya baik kok. Cuma ngingetin untuk kebaikanku aja. Banyak member yang bilang kak Ayu jahat (dan kak Ayu mengakui itu). Tapi menurutku nggak begitu sih. Ada yang bilang kalo kak Ayu itu sebetulnya baik, beliau bersikap semena-mena cuma buat nutupin jati dirinya. Kalo kita baik sama kak Ayu, kak Ayu juga bakal baik ke kita. Begitu pula sebaliknya. Kadang juga kak Ayu bagi-bagi stiker Line ke member lain GRATIS tanpa dipungut biaya apapun! Oh iya, saya pernah diancam kak Ayu gara-gara kak Zamun nurutin akad saya buat nggak ngerusuh sebulan. Padahal kata kak Ayu, kak Zamun ini orangnya sama sekali nggak mau ngalah, tapi kenapa beliau nurut aja ke saya yang gres beliau kenal. Aku diancam fotoku bakal di jadiin meme. Aku sampe panik. Aku jelasin ke kak Ayu, dan ternyata bahaya kak Ayu ini cuma bercanda. Kyaa saya ini baperan kak Ayu, diancam kek gitu mana mungkin nggak bikin saya panik. Aku takut ada salah paham antara saya sama kak Ayu mengenai bang Zamun. Karena kak Ayu kalo bercanda suka kek gitu, makanya suka dikira jahat sama member lain. Aku nggak akan merebut kak Zamun dari kak Ayu, kak Mul,atau siapapun. Kalo mau marah, marahin aja bang Zamun. Gomen, ne
Selanjutnya ada kak Dasti. Dia ini suka ngerusuhin bang Zamun di grup WA. Dia yang selalu mengupdate poin dari setiap member di BJB NiKu.

Wahh dari tadi saya nyeritain member yang cewe. Sekarang yang cowo deh.

Yang pertama ada Riizhu-senpai. Dia orang yang berada di balik semua ini. Dari pengamatanku, Riizhu-senpai ini seorang pekerja keras. Kenapa? Dia menciptakan blog ini dari (yang mungkin) belum apa-apa dan sanggup berkembang hingga sekarang. Ilmunya beliau sanggup secara otodidak. Orang menyerupai ini yang harus dicontoh dan diteladani. Aku bersyukur Riizhu-senpai menciptakan semua ini. Aku sangat berterima kasih. Aku nggak sanggup balas kebaikan Riizhu-senpai, maka dari itu saya berdoa supaya Allah SWT. yang membalas kebaikan Riizhu-senpai. Seperti kutipan favorit dari Hirma-senpai (kayaknya sih) "Ilmu itu bagaikan air. Jika ia tetap mengalir, maka akan senantiasa tergantikan dengan yang baru. Tapi kalau ia hanya berada dalam wadah, maka ia akan berkeruh. Dan ilmu itu semakin sering diulang, maka semakin berbekas di hati". Kalo kita membuatkan ilmu, senantiasa akan ada ilmu gres menggantikan. Kira-kira menyerupai itu *mulai sotoy deh* hihihi 

Lalu ada bang Zamun, beliau orangnya suka ngerusuh di grup WA. Tapi, ketika ini kak Zamun lagi puasa (baca: taubat) ngerusuh gara-gara saya selama satu bulan. Mungkin 4 Juni 2017 nanti gres ngerusuh lagi. Tapi saya merasa nggak lezat sama kak Ayu. Gara-gara saya kak Zamun jadi berhenti ngerusuh (gomen kak Ayu). Padahal saya gres kenal kak Zamun, sedangkan kak Ayu udah kenal lebih usang kak Zamun. Kok mau-maunya sih kak Zamun nurutin akad saya gitu aja. Akhirnya saya kisah ke kak Zamun soal ketidak-enakanku ke kak Ayu. Terus kata kak Zamun dibikin lezat aja. Kak Zamun juga punya tujuan sendiri kenapa berhenti ngerusuh. Terus beliau juga pengen jadi orang yang sanggup dipercaya untuk orang yang gres yang beliau kenal. Yaudah deh. Tapi saya udah ikhlasin akad itu, jadi kak Zamun sanggup 'buka' kapan aja tanpa nunggu 4 Juni kok^^. Kadang juga saya tanya soal agama ke kak Zamun. Pokoknya kak Zamun ini baik banget dehh Oh iya, kak Zamun ini sering dijodoh-jodohin dengan kak Mul, lho. Semoga sih sanggup jodoh beneran, hihihi  Yang ngejodohin itu kak Ayu. Kak Ayu juga yang memberi kak Zamun gelar "Raja Typo" dan "Lolet" (gomen kak Zamun, rubrikku isinya malu )

Selanjutnya ada kak Danang. Aku kenal beliau di grup WA juga. Kak Danang ini suka menarik hati om-om *upss*. Dia juga terlibat cinta segitiga bermuda dengan kak Zamun dan kak Wahyu. Mereka bertiga yang selalu bikin grup WA rame dengan kekonyolan mereka. Dia juga kadang suka menarik hati (baca: ngeledek) anak dibawah umur sepertiku, suka sekali ngeledekin kalo saya typo. Padahal saya nggak typo, cuma salah ketik aja. Tapi untuk rubrik ini saya nggak akan salah ketik alasannya yakni saya membuatnya dengan cinta. Kyaa (≧▽≦) Kata bang Danang, kalo sehari nggak godain (baca: ngeledek) saya rasanya garing. Maklumlah, hidupnya suram tanpaku  Tapi sekalinya ngeledek sanggup nyebelin banget, sanggup bikin tensi naik. Bisa makin bete sama dia. Ingat ! Be-Te! Bukan sayur Pe-Te! Dia orang Madiun, Jawa Timur. Pokoknya kalo inget bang Danang jadi inget brem yang adem, yang rasanya lumer di verbal  Kak Danang ini ternyata belum masuk BJB NiKu alasannya yakni beliau taunya add Official Account BJB itu udah masuk grup BJB. Dia emang agak kudet pake Line -_- Tapi saya udah minta beliau ikut BJB NiKu siklus keempat. Tapi nggak tau deh jadi apa nggak soalnya katanya belum hafal kana, jadi kalo ikut siklus keempat terlalu mepet. Ayo bang, buruan ikutan. Seru lho

Lalu, ada dek Hananto. Dia kini mau masuk SMA. Dia orang yang terkena 'lolet'nya kak Zamun. Karena dek Hananto, cinta segitiga bermuda menjadi cinta segiempat bujur kandang  Hananto ini silent reader, tapi sekalinya muncul suka agak kurang waras  Dia orang Lumajang, Jawa Timur kalo nggak salah.

Sebenarnya, masih banyak member yang lain. Cuma, saya hanya kenal mereka yang sering aktif, terutama aktif di grup WA. Ada kak Kuroba aka Nehla yang akan menjadi calon mahasiswi, ada kak Wahyu yang suka nggak jelas, ada Salfa Putra yang ternyata pelajar satu angkatan denganku dan sama-sama suka Ikimono Gakari, lho. Ada kak Nuna yang pas waktu ngerjain yomikaki 22 saya duet sama kak Nuna dan suaranya juga imut, ada kak Shimiko yang orisinil dari Malaysia, lho. Inget, kak Shimiko jadi inget animasi Upin Ipin deh pokoknya, hihihi  Ada member yang juga gres ikut BJB NiKu kayak kak Basu yang suka kepo+baik alasannya yakni kalo saya minta proteksi niscaya dibantuin (minta proteksi ngerjain shiken misalnya) dan kak Syifa yang suka nolongin saya kalo saya nanya. Kak Syifa ini kursus di salah satu kursus bahasa Jepang yang cukup terkenal.

Ya, itu ceritaku mengenai keluarga baruku, BJB Family. Cerita yang cukup panjang, ya. Aku sangat bersyukur bertemu kalian dan berharap sanggup bertemu dalam kehidupan konkret kalo masih diberi waktu. Dan maaf kalo rubrikku berisi malu dan banyak member yang tidak sanggup kusebutkan satu per satu alasannya yakni terlalu banyak dan saya hanya kenal beberapa member yang aktif saja. Minna Gomen, ne Di BJB Family, saya nggak hanya berguru bahasa Jepang, kadangkala kita juga berguru perihal agama, pernah juga kita ribut soal bahasa Jawa juga, lho.

Pokoknya seru deh jadi anggota dari BJB. Aku nggak sanggup jelasinnya, harus mencicipi sendiri kalo emang mau tau rasanya kek gimana. BJB ini telah menciptakan impian-impian kecilku terwujud.

Minna Nihongo o issho ni benkyoushimashou 

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca rubrik dariku.

Wassalamu 'alaikum wr.wb.

 saya akan menciptakan rubrik sesudah siklus ketiga BJB Kurasu berakhir Rubrik Sobat BJB 29  (Yayu)

Yayu yori

#SobatBJB
#BahasaJepangBersama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel