Grammar / Tata Bahasa [You Na] Ki Ga Suru ([ような]気がする)

どうも、リズです^^、皆さんお期限いかがですか(´;ω;`), Hmm, malam ini enaknya kita berguru apa ya? Bagaimana kalau kita berguru grammar? Baiklah dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari sebuah tata bahasa level N3 lagi, grammar bahasa Jepang yang akan kita pelajari kali ini yaitu grammar / tata bahasa ki ga suru atau you na ki ga suru ( 気がする、 ような気がする). Hmm, kanji 気 ini mempunyai berbagai arti ya, mulai dari atmospir, perasaan, pikiran, mood dll, saya yakin teman juga sering banget kan menjumpai kanji 気 ini? Soalnya cukup banyak juga digunakan. Nee mina-san junbi wa ii desu ka? Are you ready, learners? Saa, bankyou o hajimeyou? Mari kita mulai pelajarannya.

Tata Bahasa (you na) ki ga suru [ (ような)気がする]

JLPT Level: N3
Arti: Saya rasa, saya mempunyai firasat, saya mempunyai perasaan (seperti/kayak), saya merasa (seperti)
Tambahan: Bisa dibilang tata bahasa ini mempunyai arti yang menyerupai dengan to omou
Rumus/Setsuzoku:
Kata kerja + (you na)ki ga suru
Kata benda + (no you na)ki ga suru
Kata sifat-i + (you na)ki ga suru
Kata sifat-na + (na you na)ki ga suru

Contoh Kalimat
その話は本当のような気がする
sono hanashi wa hontou no you na ki ga suru
ku mempunyai firasat bahwa dongeng itu benar
あの人を見た事ある気がする
ano hito o mita koto aru ki ga suru
saya mempunyai perasaan pernah melihat orang itu
彼は許さないような気がする
kare wa yurusanai you na ki ga suru
saya mempunyai firasat tampaknya ia tidak akan memaafkanku
すこしやせたような気がします
sukoshi yaseta you na ki ga shimasu
saya merasa agak sedikit kurusan
何か忘れたような気がします
nanika wasureta you na ki ga shimasu
ku rasa saya melupakan sesuatu
愛を知ることで現実が見えてきた気がする
ai o shiru koto de genjitsu ga miete kita ki ga suru
saya berfirasat dapat melihat kenyataan dengan mengetahui cinta
今年の試験は去年の試験より難しいような気がする
kotoshi no shiken wa kyonen no shiken yori muzukashii you na ki ga suru
saya rasa ujian tahun ini lebih sulit daripada ujian tahun lalu
雨が降ってきたような気がする
ame ga futte kita you na ki ga suru
saya merasa tampaknya tlah turun hujan
日本語は勉強すればするほど難しくなるような気がする
nihongo wa benkyou sureba suru hodo muzukashiku naru you na ki ga suru
saya merasa semakin ku berguru bahasa Jepang semakin sulit jadinya
風邪を引いたような気がする
kaze o hiita you na ki ga suru
ku merasa menyerupai masuk angin
自分がこの世で最も幸せな者のような気がする
jibun ga kono yo de mottomo shiawasemono no you na ki ga suru
saya merasa menyerupai orang yang paling senang di dunia ini
瞳の奥 映る影にかなわない気がするから忘れたいわ
hitomi no oku utsuru kage ni kanaranai ki ga suru kara wasuretai wa
karna ku rasa bayangan yang terpantul dimata takkan jadi kenyataan, jadi ku ingin melupakannya #YUI-Hello paradise-kise
 Baiklah dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari sebuah tata bahasa level N Grammar / Tata Bahasa [you na] ki ga suru ([ような]気がする)

Tata bahasa N3 lainnya: Grammar / Tata Bahasa te goran (nasai)

Alhamdulillah, hari ini kita telah menuntaskan satu pelajaran tata bahasa lagi, mudah-mudah kita dapat terus mempelajari setiap hari, kalau belajarnya setiap hari, meskipun hanya berguru sedikit tetap akan terasa banyak bila telah dikumpulkan^^, chiri mo tsumoreba yama to naru, bubuk pun kalau dikumpulin akan jadi gunung^^, bertahap usang lama menjadi bukit. Keep learning everyday.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel