Rubrik Teman Bjb Episode 21 (Dasty)

Hmm. Dimulai dari mana ya? Mungkin perkenalan dulu aja kali ya.

Assalamu’alaikum, Minna. Hajimemashite, Dasti desu. Bogor ni sunde imasu. Yoroshiku ne.

Hmm. (mikir lagi) Mo dongeng apa ya di rubrik ini? Awal kisah menemukan grup BJB itu gara2 ga sanggup imbangin percakapan dengan temen pake Bahasa Jepang. Saya dan temen saya itu sama2 penggemar Negara Sakura. Sejak (entah kapan, lupa, hehe.. gomen) Jepang yaitu salah satu negara yang saya kagumi selain Jerman. Karena Jepang mempunyai banyak hal yang luar biasa yang patut untuk dijadikan teladan, kecuali salah satunya bunuh diri apapun alasannya. Karena menghilangkan nyawa yaitu wujud dari rasa tidak bersyukur.

Beberapa alasan kenapa saya mengagumi Jepang yaitu pertama, negara ini sanggup bangun bahkan maju sesudah mengalami kekalahan besar dalam Perang Dunia 2. Kalo diibaratin manusia, sesudah mengalami kondisi terparah sekalipun insan harus sanggup bangun dan niscaya sanggup maju juga mirip yang terjadi pada Jepang jikalau beliau mo berusaha keras dan berusaha lebih. Kedua, dari setiap anime yang saya tonton semenjak kecil sampai ketika ini alhamdulillah selalu dapet nasehat yang positif dan mempunyai kegunaan mirip ihwal persahabatan, keluarga, perjuangan, cinta, dll. Ketiga, saya dapatkan hal yang luar biasa lagi ihwal Jepang ketika saya kuliah. Mank kuliah jurusan apa?? Sastra Jepang ya?? Pantes lah kalo itu mah..

Ets, sayangnya bukan itu. Hehe.. Saya kuliah di Jurusan Teknik Industri. Di jurusan ini, saya mencar ilmu ihwal dunia industri salah satunya manufaktur. Bukan industrinya yang pengen saya ceritain, tapi ihwal administrasi dan prinsip kerjanya. Yang saya tau administrasi industri Jepang itu bagus, terorganisir, menyejahterakan pekerjanya, dan masih banyak lagi. Prinsip kerja yang ditanamkan pun luar biasa. Pekerja tidak hanya disuruh bekerja, bekerja, dan bekerja. Tapi juga dikasih pendidikan tambahan, dievaluasi, diberi penghargaan bagi yang berprestasi (meskipun prestasi itu bernilai kecil), dll. Keempat, yang saya tau Jepang yaitu daerah yang cocok buat mempraktekkan ilmu pengetahuan dan etika luhur, kata orang sih begitu. Saya mah belum tau. Belum pernah pergi kesana soalnya. Apalagi ya?? #Mikir. Pokoknya banyak lah.

Back to topic. Makara kira2 setengah tahun yang lalu, saya dan temen saya itu iseng2 make Bahasa Jepang buat percakapan meskipun bahasanya gado2 alias campur2. Yang saya rasain ketika itu, “Kok asik ya!” Akhirnya kita nerapin Bahasa Jepang tiap hari meskipun masih dengan bahasa gado2.

Pada suatu hari (dah kayak dongeng pake kata pada suatu hari), saya undangan gimana kalo kita pake Bahasa Jepang Full bukan gado2 lagi. Dia pun mengiyakan. Kita mencar ilmu Bahasa Jepang masing2 tuh. Lama2 saya sadar kalo saya yang kalah jauh. Karena pada waktu itu bahasa yang saya pake yaitu bahasa formalnya, sedangkan yang dipake beliau bahasa informal. Tatabahasa yang saya pelajari didapat dari buku, sedangkan beliau dari anime dan siaran tv Jepang. Sebel lah saya. Akhirnya saya cari2 materi buat mencar ilmu dari Google. Perjalanan panjang dalam pencarian. Ga tau gimana ceritanya nemulah Blog BJB dengan segala materinya. Dan saya juga lupa pas kapan nemunya. Pas gres pertama kali nemu, saya liat2 dulu tuh, sambil baca2 sih. Fokus saya waktu itu yaitu wakamono kotoba atau bahasa gaulnya. Haha. Maklum, saya kalahnya di situ kan. Terus saya catet tuh. Saya pikir kotoba nya tidak mengecewakan banyak, ternyata banyak banget. (-_-“) Ya udahlah catet dulu. Dah selesai dicatet, saya eksplor tuh blog. Ntap lah, materinya banyak dan praktis dipahami. Mengingat waktu itu ngeNet nya malem2 sebab pake kuota malem, mata dah ga kuat, dan kepala dah ngangguk2; ya udah postingannya disave dulu. Pas ada waktu renggang, materi2 yang didapat dirangkum deh. Makasi banyak lho Riizhu senpai.

Cerita belum berakhir. Hari selanjutnya dan selanjutnya dan selanjutnya. Itu blog masih saya eksplor soalnya masih penasaran. Klik sana, klik sini. Dan ga tau gara2 apa, saya nemu yang terkoneksi dengan Line dan FB nya BJB. Saya add lah. FB jarang dibuka, jadi kudet gitu. Kalo Line? Sebenernya dulu pernah punya. Cuma sebab kebanyakan temen pake WA dan BBM, Line nya saya uninstall, akunnya dihapus malah. Karena BJB pake Line, saya download lagi deh. Dan ketika itu, saya masih belum tau tuh apa itu AO, open chat, TL, dll. Nyimak, ngikutin, dan dipelajarin tuh dikit2, lama2 alhamdulillah ngerti. Sempet juga chatting sama admin buat nanya2.

Nah, kalo mo ikut belajar, masuk ke Kurasu. Pas open member, ada link buat ke formulir pendaftaran. Ada penjelasannya juga tuh sebelum ke link formulir pendaftaran. Nah pas diklik link pendaftarannya, awal2nya cuma data diri tuh. Ah, praktis lah. Pas mo ending, ada syaratnya “yomikaki”. Yomikaki, apaan tuh?? Batal deh daftar. Pas open chat nanya lagi tuh, diarahin tuh sama admin yang baik hati. Owh, paham. Kalo ga salah, saya sampe PM juga dah. Mengingat pesan yang tertulis di klarifikasi open member sebagai syarat gabung, mulailah nyari2 yomikaki. Begitu ketemu, semangat tuh buat nyalin. Soalnya ga apa2 kalo pake Kana. Begitu mo nerjemahin kayak contohnya, ciut lagi. Alamak, saya ga ngerti. Stuck, merenung di pojokan dengan lisan madesu (masa depan suram). Ga sampe merenung di pojokan sih. Intinya mah batal lagi melangkah. Akhirnya curhatlah sama admin, klo ga diterjemahin gimana, katanya ga apa2. Yuhu. Senang tak terkira, sanggup melangkah nih. Karena masih ga paham Line, nanya lagi ihwal Line Keep. Diarahin lagi sama adminnya. Hihi, maaf ya ngerepotin. Pendaftaran selesai tuh. Tinggal tunggu dikonfirmasi. Begitu masuk, kelasnya rame. Hapenya suara terus. Hadeuh. Tapi, hasilnya sanggup dimute.

Selama di kelas, serulah pokoknya. Sampe dapet link juga buat gabung di grup OOT WA, grup Shaberou, dan grup Nisha; kenal banyak orang baru; dapet informasi ihwal Jepang yang lainnya juga; dll. Pertama kali masuk Niku, saya merasa berat untuk materi yomikaki yang diberikan. Jujur, sebab ketika ini yaitu pertama kalinya saya mencar ilmu untuk menerjemahkan. Kotoba yang saya punya pun masih sanggup dihitung dengan jari. Hanya saya ingat pesan yang tertera sebelum form registrasi (kurang lebih) kalo kita bersungguh2 untuk belajar, sesulit apapun materi yang diberikan, kita akan tetap berjuang.
Saat itu, yang ada di pikiran saya, coba lakukan yang terbaik sampe mentok. Kalo udah bener2 ga paham, tulis aja sepahaman saya. Dan sebisa mungkin harus ontime. Karena, budaya yang pernah ditanamkan ke saya waktu magang di salah satu perusahaan Jepang yang ada di Indonesia yaitu ON TIME. Buat kiprah yomikaki dan bunpou bahkan perkenalan ketika itu deadline-nya pukul 19:00 WIB, tapi masih dikasih toleransi sampe pukul 24:00 WIB. Entah dapet spirit darimana, sebelum masuk ke Niku saya bertekad buat berjuang. Bahkan buat ngejalanin proses mencar ilmu di Niku, saya harus terus berjuang. Meskipun ketika koreksi yomikaki, saya lebih banyak salahnya dan cuma sanggup nyalahin diri sendiri. Bahkan ketika shiken, dapet nilai merah. (T_T) Tapi dari situ, saya merasa senang sanggup nerapin budaya Jepang yang pernah diajarin paling ga sedikit.

Selain itu, selama di Niku siklus pertama, saya juga sanggup menjalin keakraban bahkan merasa mirip punya keluarga gres di grup OOT WA khususnya. Awalnya aja malu2. Tapi selanjutnya sanggup berbaur sama temen2 yang lain. Semuanya ramah, baik, dan menyenangkan. Yang namanya hubungan pastilah ada ga enaknya, tapi dienakin aja. Kan kalo kebanyakan manis sanggup jadi eneg. Makara mendingan manisnya dicampur sama pait, asin, asem, nano2 lah semoga ga ada rasa eneg. Hehe..

Berlanjut ke siklus dua, situasi sudah berubah. Dimana setiap member mulai sibuk dengan dunia kasatmata nya. Mulai agak sepi, mulai merenggang, bahkan satu per satu left. Meskipun pas di siklus pertama ada juga yang left dan merenggang, tapi di siklus dua “lebih” daripada siklus pertama. Sedih rasanya. Terkadang menyalahkan diri sendiri, “Apakah gara2 perilaku saya?” Tapi ada yang mengingatkan bahwa memang di siklus kedua banyak yang sibuk.

Akhirnya saya iseng mencari kesibukan, hanya untuk menyeimbangkan kondisi. Ga fokus lah sama Niku. Sesuai catatan sebelum ke form pendaftaran, kalo ga salah tertulis mirip ini, “kalo ga sanggup ngikutin kelas diizinkan untuk left”. Tapi, saya ga mo. Saya yakin walaupun saya telat, saya sanggup ngikutin kelas, meskipun di detik2 terakhir. Karena ada yang bilang, lebih baik terlambat daripada ga sama sekali, lebih baik mati daripada lari dari medan peperangan. Dan alhamdulillah tekad tsb diridhoi terjadi. Saya sanggup menuntaskan siklus kedua di detik2 terakhir. Gomennasai, senpaitachi to senseitachi. Hontou ni gomennasai. Di siklus ketiga nanti, saya akan berusaha lebih baik lagi, insya ALLAH. ^_^

Menemukan BJB itu rasanya senang (kok kesannya ky jodoh ya). Arena bagi saya, BJB dimanapun itu (baik Niku, Shaberou, Nisha, bahkan OOT) mirip keluarga. Seperti apapun membernya, ya itu memang tabiat mereka. Saya hargai tabiat mereka. Saya perlakukan mirip layaknya keluarga, meskipun memang ga deket semua. Jika ada yang left, rasanya ya kehilangan. Kalo mereka rengggang, ya sedih. Kalo grup rame, ya seneng. Kalo mereka ngeselin, ya marah, cuma lebih sering diem aja sih. Harapan saya, sanggup meetup dengan seluruh member BJB. Cuma tidak mungkin juga sih kalo dipikir2. Paling ga sanggup lah meetup dengan sebagian besar member BJB. Persentase berapa besarnya, biarlah waktu yang akan menjawab. #Eeeaaaa..

Harapan saya buat BJB apa ya?? BJB makin besar. Maksudnya sanggup diikutin ga cuma sama orang Indonesia aja. Materi yang di blog BJB sanggup dipelajari juga sama orang2 di seluruh dunia. Member2 nya sanggup gathering, walaupun per region. BJB sanggup dikenal sama lebih banyak, lebih banyak, dan lebih banyak orang lagi. Pokoknya makin baik dan berkembang deh. #prinsipkaizen

Kata2 terakhir ya. Makasi buat admin-to dah izinin saya buat nulis rubrik ini. Makasi buat Riizhu senpai dan senpaitachi yang sudah mau menyebarkan ilmu dan membantu saya selama mencar ilmu di Niku. Makasi buat para member atas kerjasamanya. Otsukaresama deshita, Minna.

 ga sanggup imbangin percakapan dengan temen pake Bahasa Jepang Rubrik Sobat BJB Episode 21 (Dasty)

Dasti yori

#BahasaJepangBersama
#SobatBJB

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel