Grammar / Tata Bahasa Nai Koto Wa Nai (ないことはない)

Yow, selamat pagi, gak terasa bulan Juni sudah setengah aja nih, waktu semakin berlalu, umur semakin menua saja T.T) tapi kemampuan bahasa Jepang kapan ningkat nih, yosh mulai kini harus lebih ulet lagi nih belajarnya^^. Maa kyou wa desu ne nai koto wa nai no bunpou o benkyou shimashou, jaa hajimeyou ka. oke yuk kita mulai pelajari tata bahasanya.

Grammar nai koto wa nai ( ないことはない)

JLPT Level: N3
Arti: bukannya tidak...
Penjelasan: dipakai untuk menyangkal/menyatakan bahwa bekerjsama kita tidak sepenuhnya tidak melaksanakan hal tersebut. Sebenarnya kita bisa saja melakukannya cuma ada suatu alasan tertentu sehingga kita tidak melakukannya.
Kanji: -
Rumus/Setsuzoku:
Kata kerja/sifat bentuk negatif + koto wa nai
Contoh kalimat:
納豆は、食べないことはないですが、あまり好きではありません。
Nattou wa, tabenai koto wa nai desu ga, amari suki ilahi arimasen.
Bukannya saya tidak makan nato, tapi saya tidak begitu suka.
私も留学したことがありますから、あなたの苦労が分からないことはありません。
Watashi mo ryuugaku shita kogo ga arimasu kara, anata no kurou ga wakaranai koto wa arimasen.
Karena saya juga pernah berguru di luar negeri, jadi saya mengerti sekali kesulitanmu (bukannya saya tidak mengerti masalah/kesulitanmu)
車を運転できないことはないんですが、ほとんどしません。
Kuruma o unten dekinai koto wa nain desu ga, hotondo shimasen.
Bukannya saya tidak bisa menyetir, tapi saya sangat jarang melakukannya.
お箸は使えないことはないんですが、ナイフとフオークの方が使いやすいです。
Ohashi wa tsukaenai koto wa nai ndesu ga, NAIFU to FOOKU no hou ga tsukaiyasui desu
Bukannya saya tidak bisa memakai sumpit, tapi pisau dan garfu lebih gampang digunakan
新聞を読めないことはないんですが、時たまですね。
Shinbun o yomenai koto wa nai ndesu ga, tokitama desu ne.
Bukannya saya tidak bisa membaca koran, cuma jarang aja.
チェッスができないことはないんですが、チェッスより、将棋の方がよくします。
Chessu ga dekinai koto wa nai ndesu ga, chessu yori, shougi no hou ga yoku shimasu.
Bukannya saya tidak bisa main catur, tapi daripada catur saya lebih sering bermain shogi.

 gak terasa bulan Juni sudah setengah aja nih Grammar / Tata Bahasa nai koto wa nai (ないことはない)


Yeah, the lesson today is finished^^ berakhir sudah pelajaran kita kali ini, terima kasih telah berkunjung dan berguru di sini biar diberi kepahaman dan ilmunya tak gampang lupaaamiin. De wa tsugi no jugyou ni tanoshimi ni shimasu, mata ne^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel