Asal Undangan Yubikiri Genman (指切りげんまん) / Kesepakatan Kelingking

Yahhoo, Mina san. Karena semalam habis ngerjain Yomikaki di kelas NiKu, yang di bab hasilnya itu terjadi perjanjian "Yubikiri Genman" antara dua tokohnya. Akhirnya saya jadi ingin tau dah. Gimana sih, awal mula dari perjanjian yang kupikir agak mengerikan (dalam segi makna sempit) bila dilakukan oleh kebanyakan orang, apalagi anak-anak.

Sebenarnya apa sih kesepakatan kelingking itu???

 Karena semalam habis ngerjain Yomikaki di kelas NiKu Asal Usul Yubikiri Genman (指切りげんまん) / Janji Kelingking
Anime: Charlotte

Janji kelingking atau dalam istilah luar negeri dikenal dengan pinky swear atau pinky promise, ialah kesepakatan yang dibentuk oleh dua orang dengan melilitkan jari-jari mereka yang paling kecil (baca: jari kelingking) satu sama lain. Kalian juga niscaya sudah tahu kan, soalnya cukup banyak di film-film kalau berjanji niscaya mengaitin jari kelengking bersama orang yang dijanjiinya.

Yang kita lihat pada anime Jepang itu juga sama yang disebut dengan yubikiri, atau dalam tradisi Cina (khususnya pada kalangan anak-anak) dikenal dengan nama gōu xiǎozhǐ. Tradisi Asia Timur atau yang kita kenal kini mungkin berangkat dari tradisi Cina kemudian menyebar ke Jepang dan tempat Asia lainnya termasuk Indonesia.

Di Amerika, kesepakatan kelingking sudah ada semenjak tahun 1860 saat Bartlett's Dictionary of Americanisms mendata sajak berikut disertai dengan janji:
Pinky, pinky bow-bell,Whoever tells a lieWill sink down to the bad placeAnd never rise up again
Kalau versi Jepangnya begini, nih:

指切りげんまん、
yubi kiri genman
“yubi kiri genman”
うそ ついたら
uso tsuitara
If (you) tell a lie…
針 千本 飲ます
hari sen bon nomasu
Drink 1000 needles
指切った。
yubi kitta
(and) cut finger.

Wahhaaa... Gimana berdasarkan kalian, Minna? Inti lagunya ialah mengenai kesepakatan memegang kesepakatan kelingking ini. Barang siapa yang berbohong atau melanggarnya, maka harus menelan seribu jarum atau memotong jari kelingkingnya. Terdengar menakutkan untuk lagu belum dewasa sebenarnya.

Janji kelingking juga sering dihubungkan dengan keyakinan bahwa bagian jiwa (baca: jodoh) itu dihubungkan oleh benang merah takdir yang terikat pada masing-masing jari kelingking seseorang.

Di Jepang sendiri, ada pendapat yang menyampaikan jikalau seseorang melanggar kesepakatan kelingking yang ia buat maka ia harus memotong kelingkingnya. Ada yang menyebutkan bahwa Yubikiri ini merupakan kebiasaan Yakuza, di mana saat seorang Yakuza mengingkari kesepakatan dengan kelompoknya maka ia wajib untuk memotong jari kelingkingnya.

Sedangkan pada zaman modern menyerupai sekarang, kesepakatan kelingking ialah cara yang lebih informal untuk penyegelan janji. Hal ini paling sering terjadi pada anak usia sekolah atau sobat dekat. Janji kelingking mengambarkan bahwa kesepakatan tersebut tidak sanggup dibatalkan atau diingkari oleh persimpangan jari atau hal lainnya.

 Karena semalam habis ngerjain Yomikaki di kelas NiKu Asal Usul Yubikiri Genman (指切りげんまん) / Janji Kelingking
Anime: re zero kara hajimeru isekai seikatsu

Begitulah makna Yubikiri genman. Entah sanggup kita terima secara rasional atau tidak, tapi namanya sebuah kebiasaan, ya menyerupai itu. wkwkw... Kalau kalian sendiri pernah melakukannya?

Oh iya, satu lagi. Ada nih lagunya Mili yang mengambil judul Yubikiri genman, tidak mengecewakan yummy didenger sih. Asal jangan baper aja kaliannya...  hehe




Postingan diambil dari goresan pena #NoteBunka ditulis oleh salah satu member berjulukan Faa. Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Janji_kelingking.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel