Official Akun Line Dan Grup Bahasa Jepang Bersama

Official Akun LINE Bahasa Jepang Bersama


BJB mempunyai akun official line sekarang(^_^)/ namanya BahasaJepangBersama dan insya allah nantinya di akun LINE@ tersebut tidak hanya akan menshare update postingan terbaru dari blog ini saja, tapi juga akan sharing materi pelajaran lainnya, dan juga akan sharing gosip mengenai Jepang, anime jadi akan lebih banyak sharing, terlebih lagi nanti jikalau ada yang bersedia membantu menjadi admin di OAnya niscaya akan lebih banyak lagi gosip dan materi yang dibagikan(^_^)/ jadi dinantikan saja perkembangannya, gosip lebih lanjut silahkan check eksklusif ya dengan cara menambahkan akunnya di kontak LINE kalian di OAnya sudah tertulis lengkap info-infonya, ada juga gosip mengenai grup chat BJB juga. Jika ada hal yang ingin ditanyakan eksklusif chat id admin "riizhu" ya, juga kalau kau mempunyai ide/saran untuk pengelolaan akun @ dan Grup Chat BJB sampaikan juga ya, kami sangat menantikan saran kalian semua biar OA dan Grupnya bisa dikelola dengan baik. (^o^)/ ini ialah link menuju akun OA BJB .
 Official Akun LINE Bahasa Jepang Bersama Official Akun LINE dan Grup Bahasa Jepang Bersama

Grup Chat LINE Bahasa Jepang Bersama

Mengelola grup memang susah ternyata, grup chat BJB sudah beberapa kali nonaktif karna muncul aneka macam problem pengelolaan. Di mulai dari pertama dibuat grupnya hanya berjalan selama 2 ahad saja sehabis itu muncul problem karna member-membernya mempunyai tingkat kemampuan bahasa Jepang yang berbeda-beda, jadi susah memilih pembahasan dan materi-materi apa saja yang sebaiknya dishare. Lalu sehabis sekian usang akibatnya dipikirkan solusinya gotong royong hingga akibatnya dibuat lagi grup lainnya, jadi kini grupnya ada 3 buah ada shokyuu (pemula) chuukyuu (menengah) dan pop culture (bahas seputar Jepang dan kawasan mengobrol bebas) Nihongo Kurasu, Nihongo Shaberou dan Nihon Bunka Daishuukai. Dan alhamdulillah ada beberapa member yang bersedia menawarkan materi setiap harinya di grup, akibatnya grupnya di jalankan lagi^^. Namun lagi lagi grupnya hanya berjalan kurang lebih satu bulan setengah dan muncul lagi problem yang membuat grup chat BJB akibatnya kembali tertidur lagi (read: nonaktif) dikarenakan beberapa relawan mempunyai kesibukan di dunia nyatanya masing-masing. Dan dari sini request join terpaksa dilarang dulu daripada nanti hanya membuat mereka kecewa karna grupnya hanya menjadi grup nonaktif saja, tak ada materi yang dibahas tak menyerupai yang mereka harapkan. Cukup tidak mengecewakan usang nonaktif, beberapa anggota juga mulai pada meninggalkan grupnya dan banyak yang sudah tidak aktif di grup lagi walau masih berada di dalam grupnya.
 Official Akun LINE Bahasa Jepang Bersama Official Akun LINE dan Grup Bahasa Jepang Bersama

Setelah melihat masih banyaknya requestan join grup, dan kesibukan juga sudah agak berkurang akibatnya muncul lagi harapan untuk menghidupkan lagi grupnya. Tapi sebelumnya solusi problem yang sebelum-sebelumnya harus tidak boleh terjadi lagi, akibatnya diadakan diskusi beberapa hari membahas bagaimana mengelola grupnya nanti dan gotong royong mencari solusi biar problem yang usang tak terulang dan solusi untuk mengantisipasi problem berikutnya yang kemungkinan bisa saja terjadi.

Cukup panjang ceritanya ya(≧∇≦)b, itu udah banyak yang di skip lho, kalau dibahas mulai dari awal yang dimana grupnya hanya dijadikan buat wadah praktek kaiwa dan main shiritori saja bisa lebih panjang lho, apalagi kalau diceritakan drama-drama dan konflik-konflik yang terjadi, beeeuuuh bisa ngalamih tebalnya kamis KBBI nanti. 

Sistem gres Grup Chat BJB

Dan inilah sistem gres dari grupnya yang dibutuhkan kali ini grupnya bisa benar-benar berjalan sesuai yang dibutuhkan dan sanggup menjadi kawasan buat member-membernya meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Mulai dijalankan pada 01 Oktober 2016. Sistem gres kali ini sesungguhnya cukup simple, hal utamanya hanyalah biar membuat anggota-anggotanya bisa saling sharing materi tak peduli baik masih pemula atau dah tingkat menengah, semua member dibutuhkan sesekali sanggup menawarkan materi dan dishare di note grup (sharing materi bukan berarti mengajari lho) sehabis itu maka nanti akan didiskusikan bersama-sama, yang sudah mengerti menjelaskan kepada yang belum mengerti, boleh bertanya-tanya, boleh melengkapi/mengoreksi tanggapan yang sudah ada.

Diskusi mengenai pengelolaan grup dalam hal jalannya grup masih belum sepenuhnya tepat sih, gres poin-poin utamanya aja, untuk detailnya masih akan terus dibahas dan selalu diperbarui sambil dijalanin, saran dari kalian juga masih ditunggu^^, jikalau ada problem yang muncul, eksklusif didiskusikan mencari solusi terbaik.

Balik lagi deh awal dibentuknya grup ialah untuk melengkapi hal-hal yang tidak bisa dilakukan dikala hanya mencar ilmu di blog, atau buku-buku pelajaran saja. Hal-hal yang bisa dilakukan dalam grup ialah praktek kaiwa, bertanya, diskusi, membuatkan tips and trik belajar, rekomendasi aplikasi atau situs mencar ilmu bahasa Jepang, saling sharing materi satu sama lain, dan saling memperbaiki ke salahan, jadi setiap anggota dibutuhkan bisa mencar ilmu secara aktif dan saling membuatkan materi yang dibahas.

Mulai hari senin hingga kamis ialah hari untuk bahas materi pelajaran, siapa saja boleh membuatkan materi, tinggal tulis di note nanti sehabis itu akan di diskusikan gotong royong hingga semuanya sanggup mengerti materinya(^o^)丿. Di shokyuu class (Sekarang berubah nama menjadi Nihongo Kurasu) bisa ngeshare materi dari level N5 dan N4. Di chuukyuu class (Sekarang menjadi Nihongo de Shaberou) bisa ngeshare materi dari level N3 hingga N1, dan di Pop Culture (Sekarang menjadi Nihon no Bunka Daishuukai) kau bisa ngeshare hal jejepangan apa saja, animanga, budaya, musik apa saja.

Shokyuu:
Senin-Kamis: Materi Lesson (N5-N4)
Jumat: Shiritori game (20:00 WIB)
Sabtu: Materi Quiz/latihan (N5-N1)
Minggu: Kaiwa Day (romaji only)

Chuukyuu:
Senin-Kamis: Materi Lesson (N3-N1)
Jumat: Materi Quiz/latihan (N3-N1)
Sabtu: Shiritori (kanji game) (20:00 WIB)
Minggu: Kaiwa Day

Pop Culture:
Bebas mau bahas hal jejepangan kapan saja, dan biar nanti gampang mencari/membaca ulang jadi apa yang dibahas nanti sebisa mungkin di catat di note ya, dan bahkan bisa main shiritori kapan saja ketika tidak mengecewakan banyak anggota yang on di grup ini.

#Jadwalnya masih akan terus diperbarui

*Masiih didiskusikan untuk memanfaatkan fitur grup call untuk belajar.

Info wacana perkembangan rules grup terupdate silahkan cek di document ini: https://docs.google.com/document/d/1Ht-LHwx0CQFKOvaUB1AIUci5kMAeLrMLPTzXFp--uBs/edit?usp=sharing

Yuk, siapa yang mau join^^ silahkan pilih mau masuk di grup mana, boleh lebih dari satu, gosip join di grup ada di OA BJB ya(^o^)/ silahkan ditambahkan. Jika sudah tidak mengecewakan banyak yang bergabung digrupnya maka nanti akan ada sedikit perubahan syarat gabungnya.

Hal yang perlu diingat bagi setiap anggota jikalau ingin bergabung:
*Harus berani aktif di grup
*Tidak takut melaksanakan kesalahan
*Tidak ada pengajar (disini sistemnya saling mengajari, semua anggota sama, yang lebih mengerti menjelaskan kepada yang belum mengerti^^)
*Sebelum join kuasai dulu materi pemula banget dan pemula aja^^.

Download: Pemula banget
Download: Pemula aja

De wa mina-san, yoroshiku onegaishimasu. Mohon kerjasamanya ya m(_ _)m mari membuat suasana grup dimana seluruh anggotanya merasa nyaman, nggak cuma jadi SR, berani aktif dan tidak takut salah. Kan kita sama-sama mencar ilmu jadi masuk akal melaksanakan kesalahan, jikalau kau takut maka tidak akan bisa berkembang(。>﹏<。) yosh, minna ganbarimashou!(ㆁωㆁ*).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel