Perbedaan Arti Di Pada Partikel Ni Dan De (に、で)

Mungkin sebagian banyak sobat agak kesulitan bagaimana cara membedakan atau mana yang paling pas digunakan dalam kalimat tertentu antara dua partikel ini yaitu partikel で dan に yang artinya sama-sama "di". jujur aja nih, riizhu pun juga pernah kebingungan ihwal problem dua partikel yang pada ketika bermakna "di" ini. Oke di sini riizhu akan berikan lagi ilmu yang telah riizhu sanggup dari teman-teman dan akan menjelaskan perbedaannya dengan sejelas-jelasnya dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya #kyaaa^^.

Partikel で memiliki arti "dengan (cara)", "naik (kendaraan)" atau "di (tempat)" sedangkan partikel に memiliki arti "oleh(seseorang)", "ke(tempat/tujuan)" "pada" atau "di(tempat)" nah, ada arti yang sama bukan? Yaitu sama-sama memiliki arti "di", tentu saja partikel で dan に sangat berbeda di ketika tidak sedang bermakna selain "di", dan itu udah kita bahas di pelajaran yang telah lalu^^ (baca : fungsi partikel を、へ、に dan で) yang kita bahas di pelajaran ini ialah tentang kapan memakai で dan kapan memakai に yang bermakna "di" secara sempurna sasaran.

Berikut inilah penggunaannya :

Gunakan partikel に pada kalimat yang tak bergerak(bukan aksi) dan jikalau memakai partikel に maka yang lebih di tekankan ialah lokasinya. Contoh :
私はインドネシアに住んでいます
watashi wa Indoneshia ni sunde imasu
saya sedang tinggal di Indonesia
父は日本に生まれました
chichi wa nihon ni umaremashita
ayah telah lahir di Jepang
Perhatikan! disini kata 住む=umu=tinggal dan 生まれる=umareru=lahir bukanlah kata agresi dan lebih sempurna memakai partikel に.

Partikel で digunakan pada kalimat yang bergerak(melakukan aksi) dan partikel で lebih menekankan aksinya bukan lokasinya. Contoh :
BJBのブログで一緒に日本語を勉強します
BJB no burogu de issho ni nihongo o benkyou shimasu
saya belajar bahasa jepang tolong-menolong di blog BJB
子供は公園で遊んでいます
kodomo wa kouen de asonde imasu
bawah umur sedang bermain di taman
Nah perhatinan! di sini kata 勉強する=benkyou suru=belajar dan 遊ぶ=asobu=bermain ialah kata aksi/bergerak dan dalam kalimat ini lebih sempurna memakai partikel で.


Itu saja yang ingin riizhu bagikan di hari ini, biar sanggup bermanfaat dan sanggup menambah ilmu bahasa Jepang sobat semuanya, aamiin jikai mo tanoshimi ni mata ne minna^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel