Mengatakan Suka Dan Benci Dalam Bahasa Jepang

Mina-san nihongo ga suki desu ka?^^ dipelajaran kali ini kita akan berguru bagaimana caranya untuk mengatakan suka dan benci terhadap sesuatu/seseorang memakai pola (sesuatu/seseorang)が好きです= atau (sesuatu/seseorang)が嫌いです. Langsung aja yuk kita pelajari grammar yang sangat simpel dan sangat penting ini^^.

Kita mulai dengan cara menyampaikan suka dan benci terhadap nomina/kata benda/meishi.
rumusnya adalah

Kata benda+が好き/嫌いです
ini ia misalnya :
あなたが好きです
anata ga suki desu
aku suka kamu
苺が嫌いです
ichigo ga kirai desu
saya benci strawberry
*です yakni partikel tamat untuk menciptakan kalimat menjadi sopan dan tidak mempunyai arti.

Berikutnya kita berguru menciptakan kata SUKA menjadi TIDAK SUKA dan BENCI menjadi TIDAK BENCI dan kalimatnya menjadi begini :
あなたが好きじゃない
anata ga suki janai
saya tidak suka kamu

苺が嫌いじゃない
ichigo ga kirai janai
saya tidak benci strawberry
Sekarang kita akan menyampaikan kata 好き dan 嫌い untuk kata kerja^^. caranya teman harus menambahkan kata こと atau partikel の yang berfungsi menggantikan こと(hal) setelah kata kerjanya, alasannya yakni kata kerja bahasa Jepang itu tidak dapat dibentuk menjadi topik kecuali ditambahkan kata こと(kata kerja tidak dapat dipakai dengan partikel  は/が/も).

Contoh yang salah :
食べるが好きです (salah)
taberu ga suki desu (salah)
saya suka makan (salah)
飲むが嫌いです (salah)
nomu ga kirai desu (salah)
saya benci minum (salah)
Dan inilah pola yang benarnya^^ :
食べることが好きです
taberu koto ga suki desu
saya suka (hal) makan
飲むことが好きです
nomu koto ga kirai desu
saya benci (hal) minum
Atau こと dapat diganti dengan の artinya sama saja :
食べるのが好きです
taberu no ga suki desu
飲むのが好きです
nomu no ga suki desu
Contoh yang lebih kompleks :
寿司を食べるのが好きです
sushi o taberu no ga suki desu
saya suki makan sushi
お酒を飲むことが嫌いです
osake o nomu koto ga kirai desu
saya benci minum sake/bir

Kita juga dapat menyelipkan kata keterangan sebelum kata 好き dan 嫌い dan inilah beberapa kata keterangan yang sering muncul menemani kata SUKI dan KIRAI.

Ditambah 大(DAI) ke 好き dan 嫌い untuk menyampaikan sangat suka/benci :
あなたなんて大嫌い
anata nante daikirai
aku sangat benci orang sepertimu
君のことが大好き
kimi no koto ga daisuki
aku sangat suka dirimu
Dan kata keterangan yang sering muncul とても=totemo=sangatあまり=amari=tidak terlaluぜんぜん=zenzen=sama sekali. Contoh :
アニメを看ることがとても好きです
anime o miru koto ga totemo suki desu
saya sangat suka menonton anime
漫画を読むのがあまり好きじゃない
manga o yomu no ga amari suki janai
saya tidak terlalu suka membaca manga
寿司を食べるのがぜんぜん好きじゃない
sushi o taberu no ga zenzen suki janai
saya sama sekali tidak suka makan sushi 
*Note : あまり dan ぜんぜん selalu muncul untuk kata negatif, tidak dapat muncul pada kata positif^^

Baca juga: Kata Tunjuk dalam Bahasa Jepang: Ko-So-A-Do Kotoba (こそあど言葉)

Oke pelajaran kita kali ini sudah selesai^^ simpel kan, kalau bermanfaat boleh klik tombol share dan share ke fb/twitter/g+ kalian ya^^. jaa mata aimashou mina-san. dipelajaran kali ini kita akan berguru bagaimana caranya untuk  Mengatakan Suka dan Benci dalam Bahasa Jepang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel