Perbedaan Akhiran Da Dan Desu (だ、です)

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa "partikel だ yaitu versi santainya dari です", Ya, memang terlihat seolah-olah sih, tapi tentu saja だ dan です itu bahwasanya sangatlah berbeda lho, dan di sini riizhu akan coba jelasin sedikit mengenai akhiran だ dan です ini. kita bahas yang pertama yaitu だ dulu ya gres sesudah itu kita akan lanjut mempelajari です dan membandingkan persamaan dan juga perbedaannya juga.

だ berfungsi untuk mempertegas kalimat, diletakkan di final kalimat dan hanya dipakai untuk kata benda dan kata sifat-na konkret saja, biasanya sering dipakai oleh laki-laki. Contoh :
あの女が綺麗だ
ano onna ga kirei da
cewek itu cantik
この動物は猫だよ
kono doubutsu wa neko da yo
hewan ini yaitu kucing
好きな人はあなただ
suki na hito wa anata da
orang yang saya suka yaitu kamu
そうだ
sou da
benar/begitu lah
田中さんは綺麗な人だ
tanaka-san wa kirei na hito da ne
tanaka yaitu cewek yang manis ya
今日は寒いだ(salah)
kyou wa samui da (salah
hari ini dingin
Dan です dipakai untuk menciptakan kalimat menjadi sopan, sering dipakai oleh perempuan maupun pria, dan dapat dipakai ke kata benda dan kata sifat baik kata sifat-i maupun kata sifat-na. Contoh :
私はインドネシア人です
watashi wa indoneshiajin desu
saya yaitu orang Indonesia
田中さんはすごいですね
tanaka-san wa sugoi desu ne
tanaka andal ya
田中さんは綺麗な女です
tanaka-san wa kirei na onna desu
tanaka yaitu perempuan yang cantik
今日は寒いです
kyou wa samui desu
hari ini dingin


Nah dari klarifikasi singkat di atas dapat kita simpulkan dan lihat perbedaan antara だ dan です ini, yaitu meski sama-sama di final kalimat namun です dapat dipakai pada kata sifat-i dan だ tidak bisa. だ menciptakan kalimatnya menjadi tegas(sehingga lebih sering dipakai oleh pria) sedangkan です menciptakan kalimatnya menjadi sopan (kata-kata sopan dapat dipakai baik laki-laki maupun perempuan kan?^^). Oke agar dengan postingan singkat ini dapat menawarkan kepahaman wacana dua akhiran だ dan です ini^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel