Kata Sambung Kedo Dan Ga Yang Mempunyai Arti Tetapi(けど、が)

Kita masih berguru ihwal kata sambung, sehabis sebeumnya udah mempelajari kata sambung yang bermakna "karena" dengan から dan ので, dan juga kata sambung ても dan のに yang bermakna "meskipun" dan "walaupun". Kali ini kata sambung yang akan kita pelajari adalah けど dan が yang bermakna "TETAPI", eksklusif aja kita mulai dengan mempelajari grammar けど terlebih dahulu.

1. Menyatakan Kalimat Kontradiksi dengan Menggunakan けど.
Kedo, suatu grammar yang berdasarkan riizhu cukup gampang apabila dianggap gampang dan sulit apabila dianggap sulit XD. sepakat di sini riizhu akan mencoba menjelaskan tata bahasa けど ini dengan sesederhana mungkin, karna riizhu liat di beberapa site dan blog yang membahas grammar ini memperlihatkan bahan yang cukup rumit ihwal けど ini, padahal bahwasanya tata bahasa ini tidaklah serumit itu, alasannya yaitu riizhu yakin ada beberapa pelajar yang pemula jadi akan riizhu jelaskan けど yang gampang saja dahulu, yaitu けど yang dimaksud di grammar ini yaitu けど yang terletak di antara dua kalimat. Makara bukan けど yang terletak di selesai kalimat ya, mungkin けど yang terletak di selesai kalimat akan kita pelajari dipelajaran terpisah.

Seperti inilah rumus けど yang sedang kita pelajari kali ini :

Kalimat 1 けど Kalimat 2
Jika di selesai kalimat 1 :
Kata kerja + けど + Kalimat 2 teladan :
練習したけどまだできません
renshuu shita kedo mada dekimasen
udah berlatih tapi tetap nggak bisa
Kata sifat-i + けど + Kalimat 2 teladan :
彼女は美しいけどあまり好きじゃないよ
kanojo wa utsukushii kedo amari suki janai
beliau elok tapi saya nggak begitu suka
Kata benda/kata sifat-na(positif) + だけど + Kalimat 2 contoh :
彼は変だけどとても好きです
kare wa hen dakedo totemo suki desu
beliau aneh tapi saya sangat suka dia
Oke itulah rumusnya, ingat sobat jikalau di selesai kalimat 1 yaitu kata sifat-na atau kata benda yang tidak berkonjugasi maka ia memerlukan だ sebelum けど ya, atau jikalau di pembicaraan sopan dapat mengganti だ dengan です, だけど menjadi ですけど, ada beberapa macam けど yang artinya sama, cuma beda kadar kesopanan aja yaitu けれど、けども dan けれども, jadi sobat dapat juga mengganti けど dengan 3 variasi tersebut.

2. Menyatakan Tetapi dengan Menggunakan が.
Anggap aja ini sebagai variasi dari けど namun が ini lebih sering dipakai di pembicaraan sopan. oh iya が yang kita bahas kali ini yaitu が yang bermakna tetapi, jadi bukan partikel が yang telah kita pelajari di pelajaran partikel wa, mo dan ga. rumus が yang bermakna tetapi ini sama menyerupai けど di atas inilah rumusnya yaitu :

Kalimat 1 + が + Kalimat 2
Jika di kalimat 1 yaitu :

Kata kerja + が + Kalimat 2
友達に聞いたが知らなかった
tomodachi ni kiita ga shiranakatta
udah nanya ke teman tapi beliau nggak tau
Kata sifat-i + が + Kalimat 2
値段は安いが品質が悪い
nedan wa yasui ga hinshitsu ga warui
harganya murah tapi kualitasnya buruk
kata benda/sifat-na(positive) + だが + Kalimat 2
今日は暇だが明日は忙しいです
kyou wa hima da ga ashita wa isogashii desu
hari ini senggang tapi besok sibuk
*Catatan : perlu diperhatikan bahwa けど dan が tidak selamanya mengandung arti pertentangan antar kalimat, tetapi dapat juga bermakna kalimat yang saling mendukung biasanya dalam bahasa Indonesianya diartikan dengan "DAN" misalnya :
昨日ノラガミを観ましたけどとても面白い
kinou noragami o mimashita kedo omoshiroi
kemarin, saya nonton noragami dan ternyata sangat menarik
Baca artikel lainnya: Menyatakan Sedang Melakukan Sesuatu dalam Bahasa Jepang te iru ( ている)

Demikianlah pelajaran singkat mengenai けど dan が yang kita pelajari di postingan ini, terima kasih banyak buat sobat semua dan agar cepat mengerti ya, amiin^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel