Memberi Dan Mendapatkan Dalam Bahasa Jepang: Ageru, Kureru, Morau (あげる、くれる、もらう)

Dalam bahasa Indonesia kita cuma mengenal kata "memberi" dan "menerima" saja namun dalam bahasa Jepang kata "memberi" terbagi dua lho! yaitu あげる dan くれる yang mempunyai arti sama-sama "memberi" namun mempunyai fungsi berbeda dan akan kita bahas semuanya di pelajaran kali ini^^, apa sobat semuanya sudah siap untuk mencar ilmu bahasa Jepang? Saa hajimemashou.

Tata bahasa yang kita pelajari kali ini ialah perihal あげる,くれる dan もらう, mari kita bahas satu persatu dimulai dari あげる.

1. あげる(ageru)

Ageru dipakai di ketika si pembicara/subject yang menunjukkan sesuatu/berbuat baik ke orang lain
rumusnya cukup mudah, perlakukan saja ageru menyerupai kata kerja biasa, dan ageru sanggup juga ditempelkan di kata kerja bentuk-te jikalau kau ingin berbuat sesuatu untuk orang lain. Contohnya :
私はあなたにお菓子をあげる
watashi wa anata ni okashi o ageru
saya memberi kau permen
私は帽子をあなたにあげる
watashi wa boushi o anata ni ageru
saya memberi kau topi
私は日本語を教えてあげます
watashi wa nihongo o oshiete agemasu
saya akan mengajarkan bahasa Jepang
新しいパソコンを買ってあげますよ
atarashii pasokon o katte agemasu yo
saya akan membelikan kau pc baru.

2. くれる(kureru)

Kata ini mempunyai arti yang sama dengan ageru namun dipakai di situasi yang berbeda dengan あげる yaitu di ketika pembicara yang diberi oleh orang lain, dan sama halnya menyerupai あげる, くれる juga sanggup ditempelkan di kata kerja bentuk-te. pola :
美子さんは私にプレゼントをくれました
Miko-san wa watashi ni PUREZENTO o kuremashita
Miko-san memberi saya hadiah
先生は日本語を僕に教えてくれた
sensei wa nihongo o boku ni oshiete kureta
guru mengajarkan saya bahasa Jepang
新しいモデムを買ってくれてありがとうございました
atarashii modemu o katte kurete arigatou gozaimashita
terima kasih tlah membelikanku modem baru
お菓子を買ってくれてください
okashi o katte kurete kudasai
tolong belikan saya permen

3. もらう(morau)

Morau berarti mendapatkan dan berbeda dengan kata "memberi" yang mempunyai 2 kata yang punyai hukum berbeda, kata もらう hanya mempunyai satu kata^^. jadi yang ini berdasarkan riizhu simpel aja tinggal dihafal aja. Contoh :
友達にプレゼントをもらった
tomodachi ni purezento o moratta
saya mendapatkan hadiah dari teman
友達からプレゼントをもらった
tomodachi kara purezento o moratta
saya mendapatkan hadiah dari teman
ここに名前を書いてもらった
koko ni namae o kaite moratta
tulis namamu di sini (untuk saya)
料理を作ってもらう
ryouri o tsukutte morau
aku mendapatkan masakan kau (saya mendapatkan masakan dari orang lain/seseorang memasak untuk saya)
ママにコーヒーを作ってもらった
mama ni koohii o tsukutte moratta
saya dibuatkan mama kopi
Also read: Mengatakan SUKA dan BENCI dalam Bahasa Jepang

Oke final sudah tata bahasa bahasa Jepang yang kita pelajari hari ini tentang ageru, kureru dan morau. semoga sanggup mengerti klarifikasi yang riizhu jelaskan^^ kalau belum mengerti boleh nanya lewat komentar^^ dan kalau bermanfaat boleh dishare^^ jaa riizhu pamit dulu hingga ketemu di postingan berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel