Bentuk Passive Dalam Bahasa Jepang (受け身)

Bentuk passive dalam bahasa Jepang cukup beragam, dan kita akan pelajari semuanya wacana bentuk passive atau dalam bahasa Jepang di sebut 受け身(ukemi) bantu-membantu di dalam postingan ini.
Ciri-ciri bentuk passive ialah subjeknya bukanlah pelaku dari suatu perbuatan melainkan orang yang di kenai perbuatan tersebut, kalau dalam bahasa Indonesia sih sanggup dikenali yang kata kerja berimbuhan di. Kalimat passive dalam bahasa Jepang terbagi kepada dua yaitu passive eksklusif (直接受け身=chokusetsu ukemi) dan passive tidak eksklusif (間接受け身=kansetsu ukemi). kita bahas dimulai dari yang pertama ya.

1. Passive eksklusif (直接受け身)

Kalimat passive eksklusif ialah kalimat passive yang subjeknya mendapatkan perbuatan dari pelaku secara langsung. Contoh :
魚は猫に食べられる
sakana wa neko ni taberareru
ikan dimakan kucing
昨日、私は友達にほめられた
kinou, watashi wa tomodachi ni homerareta
kemarin, saya di puji oleh teman
Jika subjeknya selain insan maka di gunakan によって(ni yotte). rujukan :
この記事はリズによって書かれました
kono kiji wa rizu ni yotte kakaremashita
artikel ini di tulis oleh rizu
このブログはリズによって作られました
kono burogu wa rizu ni yotte tsukuraremashita
blog ini di buat oleh rizu

2. Passive tidak eksklusif (間接受け身)

Kalimat passive tak eksklusif atau di sebut kansetsu ukemi yaitu kalimat pasif yang subjek atau pokok kalimatnya tidak terdapat atau tidak disebutkan dalam kalimat aktif dan subjek merasa kesal,terganggu atau tidak nyaman. Contoh :
私は雨に降られた
watashi wa ame ni furareta
saya kehujanan (lit : saya di turuni oleh hujan)
私は友達に記事を読まれた
watashi wa tomodachi ni kiji o yomareta
artikel saya di baca oleh teman
Dalam dua kalimat di atas terkesan ada rasa kesal dari si subjek.
Dan jikalau kita merasa tidak keberatan atau bahagia atas tindakan tersebut maka gunakanlah pola kata kerja bentuk te (bukan kata kerja bentuk passive) kemudian tambahkan morau. Contoh :
友達に記事を読んでもらった
tomodachi ni kiji o yonde moratta
artikel saya di baca teman (artinya sama dengan kalimat di atas, namun suasananya disini si subjek merasa tidak keberatan dan bahagia artikelnya di baca).
Baca juga: Kata Kerja Bentuk Kausatif (使役系)

Oke, saya rasa sobat sudah mengerti wacana bentuk passive dalam bahasa Jepang dan juga sudah berguru juga mengenai perubahan kata kerja bentuk passivenya kan. Kaprikornus pelajaran wacana bentuk passive (ukemikei) sudah selesai^^. Tunggu pelajaran selanjutnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel