Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang (自己紹介)

Hajimemashite riizhu desu^^ douzo yoroshiku ne mina-san, dalam pelajaran kali kita akan mempelajari bahu-membahu bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang.

Biar postingannya nggak panjang-panjang amat, mari kita pribadi mulai aja ya^^. Kata pertama yang biasanya diucapkan dalam perkenalan pertama kali yaitu 初めまして(hajimemashite) kata ini dapat di artikan "salam kenal" atau "perkenalkan" kata ini diucapkan ketika gres akan memperkenalkan diri untuk yang pertama kalinya.

 dalam pelajaran kali kita akan mempelajari bersama Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang (自己紹介)

Setelah kata hajimemashite barulah disambungkan dengan menyebutkan nama kita dengan format kira-kira ibarat ini 私はリズです : watashi wa rizu desusaya yaitu Rizu. atau ibarat ini 私の名前はリズです : watashi no namae wa rizu desu : nama aku yaitu Rizu, atau dapat juga ibarat ini 私はリズと申します : watashi wa rizu to moushimasu artinya sama aja sih, tinggal ganti kata "Rizu" dengan nama sobat^^.

Lalu, teman BJB juga dapat menambahkan profil atau keterangan lainnya sesudah menyebutkan nama, ibarat contoh-contoh  berikut:
インドネシアから来ました : Indonesia kara kimashita saya dari Indonesia
ジャカルタに住んでいます : Jakarta ni sunde imasusaya tinggal di Jakarta
東京で働いています: toukyou de hataraite imasu saya bekerja di tokyo
店員をしています : ten'in o shite imasu saya bekerja sebagai pegawai toko
趣味はサッカーをすることです : shumi wa sakkaa o suru koto desu : hobiku yaitu bermain sepak bola
dan pola lainnya.

Terakhir ditutup dengan kata "どうぞよろしくお願いします"  : douzo yoroshiku onegaishimasu yang kira-kira dapat diartikan "senang berkenalan dengan anda" dalam bahasa Indonesia. Adapun tanggapan dari kata douzo yoroshiku onegaishimasu yaitu kochira koso douzo yoroshiku onegaishimasu yang dapat diartikan dengan "senang juga berkenalan dengan anda".

Nah, gimana sudah mengertikan cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang^^ jika sudah mengerti berarti dapat kenalan dengan orang Jepang dong(ง ˆ-ˆ)ง hihihi.

Biar lebih gampang memahaminya, berikut ini Riizhu kasih beberapa contoh-contoh perkenalan berikut ini:

はじめまして、風早将太です、高校三年生です、どうぞよろしく
hajimemashite, kazehaya shouta desu, koukou sannensei desu, douzo yoroshiku
salam kenal, aku yaitu kazehaya shouta kelas 3 SMA, bahagia berkenalan denganmu

はじめまして、エレンといいます、教師をしています、どうぞよろしくお願いします
hajimemashite, eren to iimasu, kyoushi o shite imasu, douzo yoroshiku onegaishimasu
salam kenal nama aku eren, aku sedang bekerja sebagai pengajar/guru. bahagia berkenalan dengan anda

初めまして、勇気アスナと申します、インドネシアから参りました。日本は初めてなのでまだ何も分かりませんが、宜しくお願いします
hajimemashite, Yuuki Asuna to moushimasu, Indoneshia kara mairimashita. Nihon wa hajimete na no de mada nani mo wakarimasen ga yoroshiku onegaishimasu
Salam kenal, aku yaitu Yuuki Asuna dari Indonesia, karna pertama kalinya ke Jepang jadi masih belum mengerti apapun dan mohon kerjasamanya.

Note:

  • Orang Jepang biasanya ketika memperkenalkan diri mereka tidak lupa melaksanakan hal yang disebut dengan istilah "Ojigi" yakni, membungkung kurang lebih sekitar 45 derajat ke arah lawan bicara. Jadi, ketika memperkenalkan diri jangan lupa untuk membungkukan tubuh juga ya^^.
  • Arti harfiah yoroshiku onegaishimasu sendiri yaitu "saya mohon dengan baik". Insya Allah nanti akan kita bahas lebih lanjut di postingan tersendiri karna yoroshiku onegaishimasu bukan cuma dipakai ketika berkenalan saja. Untuk penggunaan lainnya silahkan baca post berikut: Berbagai Macam Penggunaan Kata Yoroshiku Onegaishimasu.

 dalam pelajaran kali kita akan mempelajari bersama Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang (自己紹介)

Eh iya, kali aja masih ada yang belum kenal sama aku jadi aku ingin mengenalkan diri juga^^.

初めまして、リズです、本当の名前はミフター・リザ、インドネシアのバンジャルバルに住んでいます^^、どうぞ宜しくお願いします。
Hajimemashite, rizu desu, hontou no namae wa mifutaa riza, Indoneshia no Banjarbaru ni sunde imasu^^, douzo yoroshiku onegaishimasu.
Salam kenal, aku riizhu, nama orisinil aku yaitu Miftah Riza, tinggal di Banjarbaru, Indonesia. Senang berkenalan dengan sobat^^.

Artikel lainnya:



Biar kita saling mengenal teman BJB juga perkenalkan dirinya ya lewat komentar, ya itung-itung buat latihan sesudah kita berguru sama-sama^^. Oke perlajaran hari ini sudah usai. hingga berjumpa di lain waktu\(≧∇≦)/ バイバイ Jaa, ne mata ato de.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel