Tata Bahasa Toshite, Toshite Wa To Shite No Dan To Shite Mo (として、としては、としての、としても)

Kalau kemarin kita sudah berguru 2 grammar ni tsuite dan ni totte, kali ini kita akan belajar grammar wacana toshite, masih menyerupai lah dengan 2 tata bahasa kemarin itu^^.

Tata bahasa toshite yang akan kita pelajari kali ini mempunyai 4 macam grammar menyerupai yang dijelaskan dijudulnya yaitu toshite, toshite wa, toshite no dan toshite mo. Kita akan mulai mempelajarinya sesuai urutan dimulai dari to shite dulu ya.

1. Tata bahasa toshite ( として)

Arti grammar toshite dalam bahasa Indonesia ialah "Sebagai", menjelaskan wacana jabatan, posisi, status atau kapasitas seseorang. Contohnya :
彼は私費留学生として日本へ来た
kare wa shihiryuugakusei toshite nihon e kita
dia tiba ke Jepang sebagai pelajar dengan biaya pribadi
私はその学校で日本語の教師として働きます
watashi wa sono gakkou de nihongo no kyoushi toshite hatarakimasu
saya bekerja sebagai guru bahasa Jepang di sekolah itu
ここが彼女が秘書として働いている所です
koko ga kanojo ga hisho toshite hataraite iru basho desu
disinilah daerah beliau bekerja sebagai sekretaris

2. Tata bahasa toshite wa ( としては)

Berbeda dari toshite lainnya di dalam pelajaran ini, to shite wa ini lebih sempurna di artikan "untuk" dalam bahasa Indonesianya. Grammar toshite wa ini mempunyai arti untuk menyatakan sesuatu itu asing atau tak terduga secara tak langsung, mungkin kalau melihat misalnya teman akan lebih paham, agak menyerupai sama tata bahasa ni totte yang kita pelajari kemarin lho. Contoh :
あなたは初心者としてはテニスがうまい
anata wa shoshinsha toshite wa tenisu ga umai
kamu itu sebagai/untuk seorang pemula permainan tenismu bagus
これは日本のアパートとしては、大きい方で

kore wa nihon no apaato toshite wa, ookii hou desu
ini (apartemen) cukup besar untuk apartemen di Jepang (walau dinegara lainnya mungkin dianggap kecil tapi di Jepang apartemen ini sudah dapat dianggap besar, menyerupai itu kira-kira makna dari kalimat itu)

3. Tata bahasa toshite no ( としての)

Berikutnya ialah tata bahasa toshite no, kapan harus memakai toshite no? toshite no di gunakan dikala ingin menggabungkan toshite dengan kata benda, rumusnya menyerupai ini kata benda 1 + toshite + no + kata benda 2. Contoh :
彼には教師としての自覚がない
kare ni wa kyoushi toshite no jikaku ga nai
baginya tidak ada kesadaran sebagai seorang guru
翻訳としての目的はインドネシア1になる
honyaku toshite no mokuteki wa Indoneshia ichi ni naru
tujuanku sebagai penerjemah ialah menjadi (penerjemah) nomer 1 di Indonesia
翻訳としての経歴は始まりだ
honyaku toshite no watashi no keireki wa hajimari da
karirku sebagai penerjemah telah dimulai

4. Tata bahasa toshite mo ( としても)

Pelajaran tata bahasa terakhir kali ini ialah toshite mo. Jika sebelumnya teman sudah pernah belajar wacana grammar te mo maka riizhu yakin teman akan cepat mengerti tata bahasa ini, karna grammar ini hanyalah campuran dari toshite dan te mo yang arti bahasa Indonesianya ialah "meskipun sebagai..." atau "bahkan jika...". Contoh :
彼は医者であるが、小説家としても有名である
kare wa isha de aru ga, shousetsuka toshite mo yuumei de aru
dia ialah dokter tapi juga dikenal sebagai seorang novelis (dia seorang dokter juga sebagai novelis pun juga terkenal)
Oh iya, ada arti lain dari toshite mo lho, nanti kita pelajari dipelajaran berikutnya wacana toshitemo yang ada sesudah kata kerja bentuk kamus atau lampau atau da toshitemo yang ada sesudah kata benda^^, artinya beda tapi supaya tidak pusing, teman cukup fokusin pelajaran ini saja dulu deh, dan sabar saja belajarnya nanti juga hingga kok kita ke pelajaran wacana toshitemo yang mempunyai arti berbeda dari yang di atas^^ matte kudasai ne, mina-san^^.


Itulah 4 grammar berbeda dari toshite yang telah kita pelajari hari ini^^, terima kasih telah membacanya hingga usai ya, riizhu doain supaya teman BJB semuanya dapat cepat mengerti grammar-grammar ini, aamiiin^^ minna ganbarou.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel