Grammar Bahasa Jepang: Kata Kerja Bentuk Kamus + No Desu Ka (のですか)

Dalam pelajaran kali ini kita akan membahas tentang grammar no desu ka, meskipun artinya sama dengan kata tanya biasa desu/masu ka namun dari segi nuansa ada perbedaan antara "desu ka/masu ka" dan "no desu ka". Saya akan mencoba menjelaskan situasi dan nuansanya di sini karna yang paling penting ialah pahami situasi dan nuansanya jangan hanya memahami dari terjemahannya karna akan sama saja terjemahannya.

Adapun perbedaan nuansa dari masu/desu ka dan no desu ka yaitu dari segi kejelasan. Jika menggunakan masu/desu ka maka di sini hanyalah pertanyaan biasa dan si penanya belum tau terang situasinya/jawabannya. sedangkan kalau menggunakan contoh kata kerja bentuk kamus dengan no desu ka maka di sini nuansanya si penanya mungkin sudah tahu / mengira jawabannya dari situasi dan keadaan yang ia lihat atau ia dengar, ia hanya meminta kejelasan saja dan juga menunjukkan rasa keingin tahuannya. Contoh :
Kamu bertemu dengan seorang sobat yang menggunakan seragam sekolah, kemudian kau bertanya ke ia "mau pergi kemana?" di sini bergotong-royong dari kelihatannya ia emang mau ke sekolah karna sudah menggunakan seragam, dan pertanyaan kau hanya meminta kejelasan aja benar apa nggak, dan disituasi menyerupai ini biasanya orang Jepang menggunakan contoh kata kerja bentuk kamus + no desu ka.
学校へ行くのですか
gakkou e iku no desu ka
mau pergi ke sekolah?
Contoh kedua di ketika kau kaget melihat temanmu yang memotong rambutnya alasannya ialah biasanya kau melihat temanmu dengan rambut panjang, dan perlu di ingat juga bahwa no desu ka dapat dipakai untuk kata kerja lampau juga dan tak harus selalu kata kerja bentuk kamus^^, pada dasarnya tidak menggunakan contoh masu-kei aja. (pola no desu ka ini juga sering disingkat menjadi n desu ka dalam pembicaraan santai) :
髪が切ったんですか
kami ga kitta n desu ka
apa kau tlah memotong rambutmu?
Jika no desu ka ditambahkan pada kata benda atau kata sifat-na maka harus memerlukan な (na) terlebih dahulu. Contoh :
日本人なのですか
nihonjin na no desu ka
apakah kau orang Jepang (dalam situasi ini si penanya emang menduka ia orang Jepang karna tampangnya keliatan menyerupai orang Jepang atau mungkin karna ia berbicara bahasa Jepang)
Baca juga: Grammar Bahasa Jepang: sou desu (そうです)

Sip, kini sudah mengerti dan tau dong perbedaan antara masu ka/desu ka biasa dengan no desu ka? dan tau juga dong kapan harus menggunakan masu ka/desu ka biasa dan kapan menggunakan no desu ka dengan tepat?^^. Ok berakhir sudah pelajaran hari ini, Jika ada pertanyaan boleh bertanya di kolom komentar^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel