Tips Melatih Skill Speaking Bagi Pelajar Belajar Sendiri Ala Riizhu

Sebagai seorang pelajar otodidak, dari 4 skill bahasa (listening, speaking, reading dan writing), ada satu skill yang paling susah dilatih oleh para pelajar belajar sendiri termasuk saya sendiri dan mungkin sobat-sobat juga kesulitan melatih skill ini dan skill itu ialah speaking. Sangat sulit bagi seorang belajar sendiri untuk melatih skill speaking ini, dikarenakan kurangnya media dan partner-partner yang sanggup digunakan, beda ceritaya dengan orang yang ikut kursus atau mencar ilmu di universitas kan? kalau di sana mau tidak mau kita akan diajak untuk berbicara bahasa Jepang. Tetapi bukan berarti tidak ada cara sama sekali bagi pelajar belajar sendiri untuk bisa melatih skill speakingnya, malah ada cukup banyak cara bergotong-royong bila mereka jeli dan salah satunya ialah cara yang akan saya share hari ini, jadi buat para pelajar bahasa Jepang belajar sendiri tak usah bersedih ya^^, ada banyak jalan menuju Roma.

Dan dibawah ini ialah cara-cara dan usaha-usaha saya (riizhu) dalam meningkatkan skill speaking saya yang mungkin bisa kalian coba juga^^.

Perbanyak berpikir dan berbicara sendiri dengan bahasa Jepang

Sebelum kita bisa berbicara lancar ke orang lain, kita harus bisa dulu berbicara lancar kepada diri kita sendiri dan pastinya juga harus bisa berpikir dengan baik. Contohnya nih kau melihat ada dua orang lewat, dan cobalah kau mengomentarinya dalam hati, terserah dengan kalimat menyerupai apapun mau kalimat paling sederhana atau kalimat yang lebih lengkap atau apapun yang penting memang faktanya menyerupai itu atau kalimatnya memang benar menyerupai itu, dari pola dua orang yang lewat tadi kau bisa menyampaikan kata-kata menyerupai "hito ga aru" (contoh yang paling sederhana), "ano futari ga arutte imasu" (lebih lengkap) "ano futari wa onna to otoko desu" (lebih spesifik lagi) "ano onna mo otoko mo wakamono desu"  dan masih banyak lagi yang bisa kau komentari di dalam hati melihat keadaan dua orang itu, dan itu gres dua orang itu saja, gimana dengan keadaan di sekitar kita yang lain? pastinya banyak yang ingin kita ucapkan kan? pada dasarnya katakan saja semua kata yang terlintas di pikiranmu wacana hal-hal di sekitarmu toh nggakkan ada juga yang bisa mendengar kata-katamu, hanya dirimu dan Tuhanlah yang tau^^. Selain berbicara dalam hati saya juga sering berbicara pelan kepada diri saya, misal saya melaksanakan kesalahan, maka saya kadang memaki diri saya sendiri dan berjanji tidak akan mengulanginya, atau disaat sedang ingin mencapai sesuatu, saya sering menyemangati diri saya sendiri dengan berbicara pelan "yareba dekiru, ganbareba kanarazu", "ganbatte! riizhu". kataku pada diriku pelan dan tentu saja dikala tak ada orang^^. Kaprikornus inilah tahap awal yang harus kita lakukan untuk meningkatkan skill speaking kita.

Berbicara pada binatang dan benda disekitar

Terkadang ada hal yang luar biasa yang dihasilkan dari agresi gila, ya terkadang saya mengajak 3 kucing saya berbicara bahasa Jepang, mungkin bagi sebagian orang itu gila, tapi bagiku itu ialah cara untuk meningkatkan speaking yang tidak mengecewakan effectif terkhusus oleh para pelajar bahasa Jepang belajar sendiri dan juga sebagai awal latihan kita untuk membuat keberanian berbicara dalam bahasa Jepang kepada orang-orang yang mungkin belum kita kenal. Kaprikornus silahkan bila ingin mengikuti cara gila saya yang satu ini^^ dan bila gila berlanjut hubungi dokter.

Cari sahabat atau komunitas mencar ilmu bahasa Jepang

Memiliki sahabat yang juga sedang mencar ilmu bahasa Jepang akan sangat membantu kita untuk meningkatkan bahasa Jepang kita, bisa saling mengembangkan ilmu dan bisa juga jadi sahabat praktek mengobrol/chatting bahasa Jepang^^, kalau susah cari sahabat di dunia konkret carilah sahabat di internet^^.  Apalagi kita bergabung dengan komunitas mencar ilmu bahasa Jepang pastinya akan tambah banyak lagi kita akan mendapat sahabat seperjuangan dan senior-senior yang dengan suka rela akan membagikan ilmu mereka kepada kita dengan gratis, Kaprikornus sebagai seorang belajar sendiri jangan hingga melupakan hal ini ya^^.

Bicara pada orang terdekat (teman bersahabat atau keluarga dirumah)

Sebelum kita mencoba berbicara dengan orang gila atau orang Jepangnya langsung, ada baiknya kita mencoba iseng ke sahabat dan keluarga kita di rumah dengan berbicara bahasa Jepang kepada mereka^^. Jika kita mengucapkannya cukup lancar tanpa keragu-raguan artinya skill speaking kita sudah cukup matang dan telah benar-benar siap untuk dicoba kepada orang Jepang langsung^^.
Sip dah itulah tahap-tahap dan tips-tips untuk melatih skill speaking sebagai seorang pelajar belajar sendiri bahasa Jepang ala riizhu, dan jangan lupakan juga untuk terus meningkatkan skill listening karna skill speaking takkan bisa dikuasai sebelum menguasai skill listening. Ok tamat sudah postingan hari ini, agar bisa membantu dan bisa bermanfaat, aamiin^^ hingga jumpa lagi besok ya^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel