Tata Bahasa Ta Tokoro Dan Ta Bakari (たとこと、たばかり)

おはようみんな!, Selamat pagi semuanya dimanapun anda berada kita berjumpa kembali bersama saya riizhu disini^^, pagi-pagi gini enaknya mencar ilmu apa ya? bagaimana kalau mencar ilmu grammar? mau ya, oke hari ini kita akan mempelajari 2 buah grammar lagi yaitu grammar ta tokoro dan ta bakari yang mempunyai arti cukup mirip. Langsung saja kita pelajari sama-sama grammarnya satu persatu ya.

Tata bahasa ta tokoro ( たところ)

Tata bahasa ta tokoro ini mempunyai arti sesuatu gres saja terjadi atau selesai dilakukan pada ketika itu juga. Mungkin kalau bahasa Indonesianya yaitu "baru saja". Tata bahasa ini dibuat dari kata kerja bentuk lampau kemudian ditambahkan kata tokoro contohnya "tabeta tokoro" artinya yaitu "baru saja selesai makan" kalau kata kerjanya diubah ke bentuk biasa artinya jadi "baru saja akan/mau makan". Dan dibawah ini yaitu pola kalimat yang memakai tata bahasa ta tokoro.
今 着いた ところ です
ima, tsuita tokoro desu
kini ini saya gres saja tiba
仕事が終わったところで電話します
shigoto ga owatta tokoro de denwa shimasu
saya akan menelepon sehabis kerjaan selesai
駅に着いたところ列車はもう出てしまっていた
eki ni tsuita tokoro ressha wa mou dete shimatta
kereta yang gres saja tiba di stasiun, sudah keluar
犯人が店から 出てきた ところで 警官に捕らえられた
hannin ga mise kara dete kita tokoro de keikan ni toraerareta
penjahatnya ditangkap oleh polisi ketika gres saja keluar dari toko


Tata bahasa ta bakari ( たばかり)

Dan tata bahasa yang kedua yang akan kita pelajari hari ini yaitu tata bahasa ta bakari yang juga berarti gres saja. Lalu apa perbedaan antara ta tokoro dan ta bakari? perbedaannya yaitu kalau ta tokoro itu waktunya pada ketika itu juga sesuatunya telah terjadi sedangkan ta bakari dapat saja ada jeda waktu terjadinya, contohnya ada yang nanya "onaka suita?"="laper?" terus karna kita sudah makan tadi dirumah dan masih kenyang maka kita dapat jawab dengan "iie, tabeta bakari" "ngga, gres aja makan" (bisa aja beliau selesai makannya dirumah gres kesini, artinya ada jedanya lah), trus kalau kau menjawab "iie, tabeta tokoro"=baru aja selesai makan (kalau kalimat ini, selesai makannya pada ketika itu juga dan ditempat itu juga, dan mungkin bekas piringnya pun masih ada^^). Makara sudah mengerti kan perbedaan kedua grammar ini. Dan ini beliau pola kalimat yang memakai tata bahasa ta bakari.
この本は出版されたばかりだ
kono hon wa shuppan sareta bakari da
buku ini gres aja diterbitkan
もし食事したばかりなら泳がない方がいいですよ
moshi shokuji shita bakari nara oyoganai hou ga ii desu yo
jikalau kau gres saja selesai makan, mendingan tidak usah berenang
その来たばかりの子はおどおどして口ごもった
sono kita bakari no ko wa odoodo shite kuchi gomotta
anak yang gres saja tiba itu berbicara gagap dan grogi
Sip dah, 2 buah grammar hari ini telah kita pelajari bersama di blog BJB ini dengan begitu berakhir juga lah postingan hari ini^^ woke dan saatnya riizhu pamit dulu assalamuaikum mata ashita ne, hingga jumpa besok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel