Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang Ke Bentuk Lampau (Ta-Kei)

Assalamualaikum^^, gimana pelajaran yang kemaren? Udah hafal nggak cara mengubah kata kerja ke bentuk negatifnya? Buat yang belum maka sebaiknya berguru lagi ya, alasannya ialah teman nggak akan dapat berguru tingkat lanjut jika belum hafal dasar-dasarnya^^ .Oke, buat yang udah hafal mari kita lanjut belajarnya. Kali ini kita masih akan berguru ihwal konjugasi doushi (kata kerja), semalem kita berguru mengenal kelompok-kelompok kata kerja dan mengubahnya ke bentuk negatif, dan kini kita akan mengubahnya kebentuk-TA (bentuk lampau) langsung aja kita mulai belajarnya ya.

DOUSHI TA-KEI(kata kerja bentuk TA) : fungsi doushi ta-kei ialah untuk menyatakan kata kerja lampau, dinamai kata kerja bentuk ta alasannya ialah di risikonya memiliki akhiran ta (meskipun gotong royong ada yang berakhiran da). Contohnya: 食べるtaberu → 食べた(tabeta)=telah makan) 飲む(nomu)=minum menjadi 飲んだ(nonda)=telah minum. Bagaimana cara untuk mengubah kata kerja ke bentuk ta, ok sini riizhu kasih tau ya. pertama kita kelompokkan terlebih dulu kata kerjanya ya, nah ini beliau kenapa riizhu suruh berguru ulang pelajaran terdahulu, alasannya ialah di sini kita menggunakan aturan-aturan yang telah dipelajari di pelajaran yang lain dan kalian telah dianggap dapat jadi yang belum tau kelompok kata kerja mungkin akan kebingungan, makanya yang belum tau, berguru lagi ihwal kelompok-kelompok kata kerja yang semalem kita bahas ya, okay kembali ke laptop, kita bahas kelompok yang paling simpel dulu ya, yang sulit belakangan aja^^.

1 .Cara mengubah kata kerja kelompok 2/ichidan doushi (yang berakhiran iru/eru), caranya simpel banget, teman BJB cukup mengganti る(RU) dengan た(TA) saja misalnya:
食べる(taberu)=makan → 食べた(tabeta)=tlh/sudah makan, 見る(miru)=melihat → 見た(mita)=telah/sdh melihat 教える(oshieru)=mengajarkan → 教えた(oshieta)=tlh/ sdh mengajarkan. もう食べたの? mou tabeta no? kamu udah makan?.

Bagaimana sob? Sudah paham apa belum, jika paham mari kita lanjut ke kata kerja berikutnya.

2. Cara mengubah kata kerja kelompok 3/fukisoku doushi (suru dan kuru) ke bentuk ta, yang ini juga simpel aja kok^^, teman cukup ganti する(suru) dengan した (shita) dan 来る(kuru) dengan 来た(kita) aja, contohnya :
勉強する(benkyou suru)=belajar → 勉強した (benkyou shita)=tlh/sdh belajar 愛する(aisuru)=mencintai → 愛した(aishita) 仕事する(shigoto suru)=bekerja → 仕事 した (shigoto shita)=tlh/sdh bekerja 電話する(denwa suru)=menelepon → 電話した (denwa shita)=tlh/sdh menelepon dan 来る(kuru)=datang tentu aja menjadi 来た(kita)=tlh datang. もう一年日本語を勉強したよ! mou ichinen nihongo o benkyou shita yo! aku sudah 1 tahun berguru bahasa jepang lho! インドネシアから来た indoneshia kara kita DATANG DARI INDONESIA

3. yang terakhir dan juga yang paling sulit ialah kata kerja kelompok 1/Godan Doushi tapi di sini sengaja riizhu bahas paling final alasannya ialah kelompok 1 ini selalu yang paling susah^^ kata kerja kelompok 1/godan doushi yang berakhiran う(u)、る(ru)、つ(tsu)、す(su)、む(mu)、ぬ(nu)、ぶ(bu)、ぐ(gu)、く(ku). 

Untuk akhiran う(u)、つ(tsu)、る(ru) bentuk-ta nya ialah dengan mengganti akhiran u/ru/tsu dengan った(tta) contohnya :
買う(kau)=membeli → 買った(katta)=tlh membeli 待つ(matsu)=menunggu → 待った(matta)=tlh menunggu わかる(wakaru)=mengerti → わかった(wakatta) =tlh mengerti.

Untuk yang berakhiran む(mu) ぬ(nu) dan ぶ(bu) kau ganti dengan んだ(nda) : menyerupai : 歩む(ayumu)=berjalan → 歩んだ(ayunda)=tlh berjalan 死ぬ(shinu)=mati → 死んだ(shinda)=tlh mati 遊ぶ(asobu)=bermain → 遊んだ(asonda)=tlh bermain.

Untuk akhiran く(ku) ぐ(gu) dan す(su), く(ku) ganti dengan いた(ita), ぐ(gu) ganti dengan いだ (ida) dan す(su) ganti dengan した(shita) contohnya : 書く(kaku)=menulis → 書いた(kaita)=tlh menulis 急ぐ(isogu)=bergegas → 急いだ(isoida)=tlh bergegas 話す(hanasu)=berbicara → 話し(hanashita)=tlh berbicara 今日の授業は終りました kyou no jugyou wa owarimashita=pelajaran hari udah selesai.

Inilah kesimpulannya, biar sesudah membaca kesimpulan ini tidak akan menciptakan teman kebingungan lagi dan biar dapat lebih simpel diingat^^. ganbatte ne!
Cara mengubah kata kerja ke bentuk-ta
jisho-kei/positif
ta-kei/lampau
Godan doushi/kelompok 1
kau
katta
wakaru
wakatta
katsu
katta
kaku
kaita
oyogu
oyoida
nomu
nonda
shinu
shinda
tobu
tonda
hanasu
hanashita
Ichidan doushi/kelompok 2
taberu
tabeta
miru
mita
fukisoku doushi/kelompok 3
suru
shita
kuru
kita
Well, dengan ini selesai sudah pelajaran kita untuk hari ini^^, pelajaran bahasa Jepangnya akan kita sambung lagi esok hari ya, oke saya mau pamit dulu, bye bye.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel