Fungsi Partikel Bahasa Jepang : Wa, Mo Dan Ga (は、も、が)

Pelajaran sebelumnya adalah berkenalan dengan bahasa Jepang, dan kali ini kita akan mulai PDKT  berguru bahasa Jepang dasar. Di sini kita akan berguru perihal partikel-partikel dalam bahasa Jepang atau disebut joshi. Ada berbagai partikel dalam bahasa Jepang tapi untuk kali ini kita bahas 3 partikel dasar dulu ya, yaitu partikel subjek は (walaupun goresan pena hiragananya “ha” tapi selalu dibaca “wa”)  も (mo)  dan  が (ga)  untuk partikel-partikel  yang lain nanti menyusul ya, insya Allah^^, ok mari kita mulai pelajarannya.

1. Partikel は(wa) : biasa disebut dengan partikel topik, partikel ini bergotong-royong tidak mempunyai arti, hanya sebuah kata bantu saja, tapi untuk memudahkan pemula kalian dapat mengartikannya dengan kata adalah/mengenai rumusnya menyerupai ini TOPIC+WA+PENJELASAN. Topic dapat berupa subject sampai dapat satu kalimat penuh.
Contoh:
私の名前はりずです
Watashi no namae wa rizu desu
Nama saya (adalah) rizu
りずはインドネシアから来ました
Rizu wa indoneshia kara kimashita
(mengenai) Rizu, tiba dari Indonesia

Seperti itulah kira-kira fungsi partikel wa. next lanjut ke partikel ke berikutnya yaitu も (mo)

2. Partikel も(mo) : partikel ini sih tidak terlalu sulit dan kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti "juga" dan rumusnya sama dengan partikel yang telah dibahas di atas tadi.
Contoh:
私もインドネシアからです
Watashi mo indoneshia kara desu
Aku juga dari indonesia
みんなが行けば、私も行く
Minna ga ikeba, watashi mo iku
Jika semuanya pergi, saya juga pergi

Pasti mina-san udah pada ngerti sama partikel ini bukan? Next go to the last particle today

3. Partikel が(ga) : partikel ini yaitu partikel untuk mengidentifikasi subjek, sangat menyerupai dengan partikel は(wa) dan juga tidak mempunyai arti. Contoh :
私がリズ
Watashi ga rizu
Sayalah rizu
やる人が私です
Yaru hito ga watashi desu
Orang yang melakukannya yaitu saya
Adapun perbedaan partikel wa dan ga adalah jikalau subjeknya diketahui (oleh orang yang kita ajak bicara) maka gunakanlah partikel は(wa) dan jikalau subjeknya tidak diketahui gunakanlah partikel が(ga). Partikel が dan は juga kadang dapat saling ditukar misalnya: 私は学生(watashi wa gakusei) dan 私が学生(watashi ga gakusei) artinya sama “saya yaitu murid” cuma ada sedikit perbedaan, kalau yang memakai partikel wa itu subjeknya udah jelas, mungkin ia memperkenalkan diri bahwa ia yaitu pelajar, tapi kalau yang memakai prtikel ga, mungkin itu tanggapan dari sebuah pertanyaan

“誰が学生(dare ga gakusei) siapa yang murid?”.


Memang susah dimengerti tapi biar kalian dapat ngerti, yang penting jangan takut salah alasannya dalam bahasa itu tidak ada kata salah dan benar adanya lazim dan nggak lazim, jangan lupa juga untuk berguru pelajaran perihal bahasa Jepang lainnya dalam blog ini ya^^ dan kalau ada yang nggak mengerti jangan sungkan berkomentar ya,, ok ganbatte kudasai ne minna jaa, mata atode.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel