Konjugasi Kata Benda (Nomina) Dalam Bahasa Jepang

Saatnya kita mulai berguru wacana grammar atau tata bahasa Jepang, untuk pelajaran dalam postingan ini kita akan membahas wacana konjugasi-konjugasi untuk nomina / kata benda, pribadi saja kita meluncur ke topiknya yaitu mengenai konjugasi nomina dalam bahasa Jepang.

Nomina dalam bahasa Jepang disebut meishi(名詞) dan konjugasinya sangat-sangatlah gampang, riizhu yakin niscaya teman BJB cepat menguasai grammar ini, dan grammar ini sangat penting jadi mohon diperhatikan dan pelajari baik-baik buat yang pemula, buat yang udah jouzu di-skip aja atau boleh memberi masukan^^.

Konjugasi kata benda/nomina Bahasa Jepang
  • Merubah nomina menjadi negatif : untuk mengubah nomina ke bentuk negatifnya kalian tinggal menambahkannya kata janai (じゃない) sesudah nominanya referensi : neko(猫)=kucingneko janai(猫じゃない)=bukan kucing, ini berlaku juga untuk kata sifat-na lho, tapi sebaiknya kita pelajari wacana kata sifat dipostingan yang akan tiba ya.
  • Merubah nomina ke bentuk lampau : untuk mengubah nomina ke bentuk lampau sama mudahnya dengan yang di atas tadi, teman tinggal tambahkan kata datta(だった) sesudah nominanya. referensi : kodomo(子供)=anak-anakkodomo datta(子供だった)=dulu anak-anak.
  • Merubah nomina ke bentuk negatif lampau : untuk mengubah nomina ke bentuk negatif lampaunya teman ubah dulu ke bentuk negatifnya sakana →sakana janai kemudian ganti abjad akhiran i dengan katta. misalnya sakana(魚)=ikan →sakana janai(魚じゃない)=bukan ikan →sakana janakatta(魚じゃなかった)=tlh/dulu bukan ikan.

Oh iya, ada juga konjugasi nomina versi sopannya untuk negatif sopannya yaitu tambahkan じゃありません atau ではありません karna versi sopannya ない yaitu ありません kan? Untuk konjugasi lampau ditambah でした, dan untuk versi sopan konjugasi nomina negatif lampau yaitu nomina ditambah では/じゃありませんでした.

Sudah paham?^^ atau masih bingung? Tenang alasannya yaitu riizhu orangnya baik hati, suka menolong dan rajin menabung jadi akan riizhu buatin kesimpulannya nih, lihat kesimpulannya di bawah ini :

Konjugasi Nomina Bahasa Jepang
positif negatif lampau negatif lampau
inu inu janai inu datta inu janakatta
inu inu tuhan arimasen inu deshita inu tuhan arimasen deshita
*merah yaitu konjugasi nomina bentuk biasa
*biru yaitu konjugasi nomina bentuk sopan
Ok, selesai sudah pelajaran hari ini^^, biar postingan ini dapat membantu dan memberi manfaat, dadah, hingga ketemu lagi di postingan berikutnya ya, jaa ne.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel