Tentang Kata Sifat Dalam Bahasa Jepang Dan Konjugasinya

Mina-san, nigiyaka janai burogu ni youkoso^^ selamat tiba di blog yang nggak ramai ini, kenapa kata nigiyaka janai (tidak ramai) riizhu kasih warna merah? Karena kata nigiyaka janai (tidak ramai) itu termasuk kata sifat dan hari ini kita akan mengulas semua wacana kata sifat baik itu kata sifat-i ataupun kata sifat-na.

Kata sifat dalam bahasa Jepang disebut keiyoushi (形容詞) dan keiyoushi ini terbagi kepada dua golongan yaitu i-keiyoushi(kata sifat-i) dan na-keiyoushi(kata sifat-na). Pertama-tama kita akan bahas wacana na-keiyoushi dulu ya, setujuh? Jaa keiyoushi o naraimashou!.

1. Kata sifat-na : kenapa disebut kata sifat-na? Karena beliau membutuhkan な(na) untuk memodif/digabung dengan nomina (kata benda) misal : 有名な人(yuumei na hito)=orang yang terkenal. Yang mana yang kata sifat-na ayo tebak? Dan tunjuk pake mouse *gaya tebakan ala dora the explorer, yupp benar, yaitu kata 有名(yuumei)=terkenal nah perhatikan kata yuumei jikalau digabungkan dengan nomina (kata benda) harus memerlukan な, referensi : 有名ブログ(yuumei na burogu)=blog yang terkenal, 静かブログ(shizuka na burogu)=blog yang sepi, ハンサムリズ(hansamu na rizu)=riizhu yang ganteng, haha referensi kalimat yang terakhir ngeksis banget ya(=ↀωↀ=)✧ jadi udah tau kan kenapa disebut na-keiyoushi.

Berikutnya kita akan mencar ilmu konjugasi-konjugasinya pertama kita mencar ilmu cara mengubah kata sifat-na kebentuk negatifnya, caranya simpel bingiiiiittt, kau cukup tambahkan じゃない(janai) di akhir kata sifat-na nya, ini sama ibarat halnya konjugasi nomina yang telah kita pelajari di postingan sebelumnya contoh : きれい(kirei)=cantik menjadi → きれい じゃない(kirei janai)=tidak cantik. 大切(taisetsu)=penting → 大切じゃない(taisetsu janai)=tidak penting. ada cara yang lainnya lagi untuk menjadikan na-adjective atau nomina ke dalam bentuk negatif, ini ialah negatif versi sopannya yaitu :
きれい(kirei)→きれいじゃ/ではありません(kirei ja/dewa arimasen), 有名(yuumei)→有名じゃ/ではありません (yuumei ja/dewa arimasen), yang ini agak panjang ya hehe.

Berikutnya kita mencar ilmu cara mengubahnya ke bentuk lampau guys, ini juga simpel bingiiit juga kok, kau tinggal tambahkan kata だった(datta) di tamat kata sifat-na nya, referensi : 好き(suki)=suka好きだった(suki datta)=tlh suka dan untuk konjugasi negatif lampaunya tinggal tambahkan じゃなかった(janakatta)di tamat kata sifat-na nya. Contoh : 好き(suki)好きじゃなかった (suki janakatta), atau versi sopannya yaitu 好きじゃ/ではありませんでした wah ini lebih panjang lagi ya, udah kayak kereta api aja nih ckck.

Nah simpel kan udah bisa dong mengkonjugasiin kata sifat-na, Oke, next kita bahas kata sifat-i

2. kata sifat-i : kata sifat-i yaitu kata sifat yang di akhirnya ada aksara い(i) contohnya : おいしい(oishii)=enak, 美しい(utsukushii)=indah, 白い(shiroi)=putih, 赤い(akai)=merah, 青い(aoi)=biru, perhatikan=.=a semuanya ada aksara い di akhirnya bukan? lha, trus kirei dan yuumei kan juga ada aksara i di akhirnya? nah itu beliau jikalau cuma dilihat dari romajinya aja sih nggak keliatan, tapi jikalau dilihat dari goresan pena japanesenya maka akan kelihatan di dalam kata yuumei dan kirei itu tidak ada aksara hiragana い(i) begitulah ciri-ciri dari kata sifat-i yaitu kata sifat yang berakhiran aksara い(i) hiragana. jikalau udah ngeh dengan ciri-cirinya berikutnya kita mencar ilmu mengkonjugasikannya ke bentuk negatif, lampau dan negatif lampaunya.

Untuk mengubah kebentuk negatif kau cukup buang aksara い dan tambahkan くない. referensi : おいしい(oishii)→ おいしくない(oishikunai)=tidak enak, 赤い(akai) → 赤くない (akakunai)=tidak merah. Cara mengubah kata sifat-i ke bentuk lampaunya ialah dengan cara membuang aksara  い di tamat kata sifat-i nya lalu tambahkan かった(katta) おいしい(oishii) → おいしかった(oishikatta)=telah enak, 赤い(akai)=merah → 赤かった(akakatta)=telah merah.

Dan terakhir mengubahnya ke bentuk negatif lampau yaitu ubah dulu ke bentuk negatif, lalu yang negatifnya kita ubah ke lampaunya contohnya ibarat ini : おいしい(oishii) → おいしくない(oishikunai)→おいしくなかった(oishikunakatta).

Hmm gimana? Praktis bukan? Oh iya, ada 2 kata sifat-i yang beda konjugasinya, yaitu いい(ii)=bagus dan 格好いい(kakkouii)=keren, untuk いい(ii) bentuk negatifnya ialah よくない(yokunai) bukan ikunai ya^^, alasannya bersama-sama いい itu pada asalnya adalah よい(yoi), bentuk lampaunya yokatta, terus negatif lampaunya yokunakatta, untuk kakkouii negatifnya jadi kakkouyokunai, lampaunya kakkouyokatta, negatif lampaunya kakkouyokunakatta. pada dasarnya semua konjugasinya turunan dari yoi bukan dari ii.

Selamat dengan menghafal semua ini, berarti kamu udah dapat menkonjugasiin nomina, na-adjective dan i-adjective ke bentuk positif/lampau/negatif/negatif lampau.

Ini deh riizhu kasih kesimpulannya, mudah-mudahan diberi fasilitas untuk memahaminya^^ aamiin.
Konjugasi Kata Sifat Bahasa Jepang
positif negatif lampau negatif lampau
kirei kirei janai kirei datta kirei janakatta
shiroi shirokunai shirokatta shirokunakatta
*biru ialah konjugasi kata sifat-na
*merah ialah konjugasi kata sifat-i
Jangan lupa dihafal juga kosakata-kosakatanya baca di sini daftar kosakata kata sifat-i dan daftar kosakata kata sifat-na soalnya percuma saja dapat konjugasinya tanpa hafal kosakatanya kan?^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel