Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang Ke Dalam Bentuk-Te (Te-Kei)

Hello, jumpa lagi bersama riizhu^^ mari berguru grammar bahasa Jepang lagi yuk! yuk mari, kali ini kita akan berguru wacana cara mengubah kata kerja ke dalam bentuk-te (te-kei) caranya tidak berbeda jauh dengan cara mengubah kata kerja ke bentuk-ta yang kemarin riizhu share, tinggal ganti akhiran A dengan E saja sebenarnya^^ kita mulai belajarnya yuk.

Apa sih kegunaan kata kerja bentuk-te ini? Nah mungkin ada yang nanya menyerupai itu, kegunaan bentuk-te itu banyak sekali, dapat untuk merantai kata kerja, dapat buat kata kerja progressive kalau ditambah dengan iru, dapat menjadi suruhan kalau ditambah kudasai/kureru/choudai, dapat menjadi larangan kalau ditambah wa ikenai/naranai/dame dan masih banyak lagi deh kalau disebutin semua juga mungkin sahabat yang masih pemula masih belum mengerti dan hening aja insya Allah semuanya akan dipelajari di sini kok^^ jadi untuk kini anggap saja bentuk-te itu untuk menderet/merantai kata kerja atau kalimat.

Di sini para pelajar BJB sudah riizhu anggap sudah dapat membedakan kelompok-kelompok kata kerja yang telah kita bahas dengan detail di postingan yang lalu, jadi di sini pengetahuan wacana kelompok kata kerja diharapkan dan tidak dijelaskan lagi di sini (sudah di anggap bisa),buat yang belum tau kelompok kata kerja baca lagi ya kelompok kata kerja bahasa Jepang, sepakat buat yang udah ngerti wacana kelompok-kelompok kata kerja mari kita pelajari cara mengkonjugasikan kata kerja ke bentuk-te.

Oke pertama kita akan mengubah kelompok yang paling susah dulu yaitu kata kerja kelompok 1 atau di sebut godan doushi.

1. Cara mengubah godan doushi ke dalam bentuk-te : untuk akhiran つ(tsu)、る(ru)、う(u) gantilah kata tersebut dengan って(tte) misalnya : 待つ(matsu) → 待って(matte), 作る(tsukuru) → 作って(tsukutte), 使う(tsukau) → 使って(tsukatte). dan untuk akhiran む(mu)、ぶ(bu)、ぬ(nu) gantilah kata tersebut dengan んで(nde) misalnya : 飛ぶ(tobu) → 飛んで(tonde)、読む(yomu) → 読んで(yonde)、 死ぬ(shinu) → 死んで(shinde). Dan untuk tiga yang terakhir yakni く(ku) ganti dengan いて(ite)、ぐ(gu) ganti dengan いで(ide)、dan す(su) ganti dengan して(shite) pola : 書く(kaku) → 書いて(kaite)、泳ぐ(oyogu) → 泳いで(oyoide)、話す → 話して(hanashite). khusus kata 行く(iku) maka menjadi 行って(itte)

Itu ia cara mengubah kelompok 1 ke bentuk-te, berikutnya yakni kelompok 2/ichidan doushi yang kita ubah kebentuk-te.

2. Cara mengubah ichidan doushi ke bentuk-te : kalau ini cukup praktis sobat, sahabat BJB tinggal ubah aja akhiran る(ru) dengan て(te) misalnya : 見る(miru)→ 見て(mite)、食べる(taberu)→ 食べて(tabete)、捨てる(suteru)→ 捨てて(sutete)、助ける(tasukeru)→ 助けて(tasukete).

Praktis bukan? Hehe, next yang terakhir dan cukup praktis juga.

3. Cara mengubah fukisoku doushi ke bentuk-te : dalam kelompok ini yang perlu diperhatikan cuma dua doushi(kata kerja) aja berdasarkan riizhu yaitu する dan 来る dan menyerupai inilah perubahan ke bentuk-te nya : する(suru) → して(shite)、来る(kuru) → 来て(kite) cukup itu aja.

Eh iya, kata kerja negatif juga dapat di ubah ke bentuk-te lho! mau tau caranya? gini nih caranya : sahabat cukup mengganti akhiran い(i) dengan くて(kute) saja^^ misalnya : 食べない(tabenai) bentuk-te negatifnya adalah 食べなくて(tabenakute), 走らない(hashiranai) menjadi 走らなくて(hashiranakute) hehe praktis banget kan^^.

Cukup itu aja^^ bila sahabat menguasai bentuk-te ini maka ini akan menjadi bekal sahabat untuk menguasai grammar bahasa Jepang tingkat menengah.

Ini ia riizhu kasih kesimpulannya ya :
http://bahasajepangbersama.com
Konjugasi kata kerja ke bentuk-te
kata kerja biasa kata kerja bentuk-te
Godan doushi/kk 1
tsukau tsukatte
katsu katte
tsukuru tsukutte
yomu yonde
asobu asonde
shinu shinde
kaku kaite
kagu kaide
hanasu hanashite
Ichidan doushi/kk 2
taberu tabete
miru mite
Fukisoku doushi/kk 3
suru shite
kuru kite
untuk negatifnya tinggal ganti i dengan kute : minai=minakute
Oke, bye bye, biar cepet mengertinya ya, ganbatte sahabat BJB semuanya dan hingga berjumpa lagi di postingan berikutnya^^ jaa na.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel