Pengertian Akhiran -San, -Kun, -Chan Dan -Sama (さん、ちゃん、くん、さま)

Dalam bahasa Jepang ada cukup aneka macam variasi gelar/panggilan ibarat -san, -kun dan lain-lain yang ditempelkan sehabis nama atau gelar dan semua mempunyai fungsi masing-masing dan sangat sering sekali dipakai apalagi dalam pembicaraan sopan. cukup unik ya bahasa Jepang^^ ada panggilan ibarat ini. sepakat kita akan pelajari semuanya di sini dimulai dari san^^ :

1. Akhiran -san

Akhiran san dipakai kepada orang-orang yang tidak kita kenal dengan baik. gunakanlah akhiran -san ini kalau sobat mau aman^^ (tidak dianggap orang sok akrab). mungkin di bahasa Indonesia akhiran san ini dapat diartikan sebagai "saudara" (bukan saudara yang berarti kekerabatan keluarga ya, tapi panggilan saja). Contoh :
山田さんは日本人ですか
yamada-san wa nihonjin desu ka
apakah saudara yamada ialah orang Jepang?
お兄さん、カメラを買ってくれてください
onii-san, kamera o katte kudasai
kakak (lk), beliin aku kamera dong.

2. Akhiran -kun

Akhiran kun sering dipakai kepada anak pria yang sudah bersahabat kepada kita. kata kun dapat juga ditulis dengan kanji 君. tampaknya kata ini tidak mempunyai padanan dalam bahasa Indonesianya^^. Contoh :
キリトくんはアスナが大好き
kirito-kun wa asuna ga daisuki
Kirito sangat menyukai Asuna
ユキネ君は夜トやヒヨリの友達だろう
yukine-kun wa yato to hiyori no tomodachi darou
Yukine ialah temannya Yato dan Hiyori, bukan?

3. Akhiran -chan

Akhiran chan lebih sering dipakai kepada anak kecil atau wanita yang lucu/cantik atau kepada orang yang kekanak-kanakan. Contoh :
ミサちゃんはちょう可愛いですね
misa-chan wa chou kawaii desu ne
Misa-chan sangat imut ya
シンちゃんは意地悪な子よね
shin-chan wa ijiwaru na ko yo ne
Shin-chan itu anak yang badung ya kan

4. Akhiran -sama

Akhiran `sama dipakai untuk memperlihatkan penghormatan biasanya dipakai kepada atasan atau orang yang mempunyai pangkat di atas kita. kata ini mungkin dapat di artikan dalam bahasa Indonesia dengan "Tuan", dan -sama dapat di tulis dengan kanji 様. Contoh :
オロチマルさま、サスケくんはどうですかとカブトが言った
orochimaru-sama, sasuke-kun wa dou desu ka to kabuto ga itta
"tuan Orochimaru, bagaimana dengan sasuke?" kata kabuto
お帰りなさいませ、ご主人様
okaerinasaimase, goshujin-sama
selamat tiba kembali, tuan.


Oke, untuk kali ini aku rasa cukup empat panggilan itu saja dulu ya^^ sebab empat itulah yang paling sering dipergunakan. yang lainnya jarang, tapi nanti akan riizhu bahas juga kok panggilan-panggilan lainnya di postingan lain. untuk di postingan kali ini cukup 4 itu aja dulu, entar kebanyakan berguru dapat pusing lagi^^, relax dulu ya. hingga ketemu lagi di pelajaran berikutnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel