Melakukan Banyak Acara Atau Keadaan Tari Suru (~たりする)

Dalam postingan kategori tata bahasa kemarin, kita sudah mempelajari wacana tata bahasa untuk menyatakan banyak alasan dengan し, Nah berikut ini juga hampir ibarat dengan kemarin, kali ini kita akan mempelajari wacana cara menyatakan banyak agresi atau banyak keadaan dalam bahasa Jepang dengan memakai grammar tari suru. Sobat semua sudah pada tau belum mengenai grammar tari suru? Jika belum, yuk mari kita mempelajarinya bantu-membantu disini \(≧∇≦)/ .

Langsung saja kita mulai cara atau hukum tata bahasa tari suru ini ya.

Pertama-tama sobat ubah dulu kata kerja/kata benda/kata sifatnya kedalam bentuk lampau (baca : kata kerja bentuk lampau) sesudah itu tinggal tambahkan setelahnya, sobat boleh menciptakan satu, dua atau lebih kalimat lampau yang di tambah り, terakhir di simpulan kalimat sobat harus menambahkan kata kerja する. する nya dapat sobat konjugasikan sesuai keinginan, mau ke bentuk sopan, lampau, cita-cita atau lain-lainnya Contoh :
今日、私はコーヒーを飲んだり、寿司を食べたり、映画を見たり、漫画を読んだりします
kyou, watashi wa koohii o nondari, sushi o tabetari, eiga o mitari, manga o yondari shimasu
hari ini saya melaksanakan acara ibarat minum kopi, makan sushi, nonton film, membaca komik dan lain-lainnya.
Nah, apa dari pola kalimat di atas sobat sudah mengerti gimana cara menciptakan tata bahasa ~たりする ini, sobat bebas mau menciptakan berapa banyak kalimat yang memakai ~たり、 atau hanya satu aktivitaspun juga dapat dan sobat jangan lupa untuk menambahkan する di simpulan kalimatnya, kemudian untuk waktu bencana dan lain-lainnya, maka tergantung dari konjugasi dari kata kerja する nya, dalam pola di atas する nya di ubah ke bentuk sopan ialah します.

Dan satu hal lagi yang perlu sobat ketahui ialah bukan cuma kata kerja saja yang dapat memakai grammar tari suru ini, melainkan kata benda dan kata sifatpun juga dapat lho, dan dengan hukum yang sama juga dengan hukum untuk kata kerja ialah menciptakan kata benda/kata sifatnya ke bentuk lampau terlebih dahulu kemudian tambahkan り dan diakhir tambahkan する. Contoh :
この大学の授業は簡単だったり、難しかったりする
kono daigaku no jugyou wa kantan dattari, muzukashikattari suru
pelajaran di universitas ini kadang gampang dan kadang sulit dan lain-lainnya
Saya yakin sobat semuanya udah dapat paham dengan klarifikasi singkat ini, selebihnya yang sobat perluin cuma banyak-banyak contoh, iya kan? baiklah deh ini nih, saya akan kasih banyak contoh-contohnya :
来週、私は友達の家に行ったり、ゲームを遊んだり、昼ご飯を一緒に食べたりするつもりです
raishuu, watashi wa tomodachi no uchi ni ittari, geemu o asondari, hirugohan o issho ni tabetari suru tsumori desu
ahad depan saya bermaksud untuk pergi ke rumah teman, main game, makan siang bersama dan lain-lainnya
私の彼女は綺麗だったりするよ
watashi no kanojo wa kirei dattari suru yo
cewek saya itu kadang manis (dan kadang lainnya) wkwkwk, cantiknya kadang kala aja(=^ㅅ^=)
日本に行けたら、私は日本人と会話したり、富士山を登ったりしたいです
nihon ni iketara, watashi wa nihonji to kaiwa shitari, fujisan o nobottari shitai desu
kalau dapat pergi ke jepang, saya ingin melaksanakan hal-hal ibarat berbincang-bincang dengan orang jepang, mendaki gunung fuji dan lain sebagainya
Pelajaran lainnya: Tata Bahasa to omou, you to omou ( と思う、 ようと思う)

Nah, selesai sudah pelajaran kita hari ini, agar semuanya di berikan rahmat berupa kepahaman atas pelajaran ini *αmiεn* └(˘.˘└), baiklah kiprah saya hari ini selesai, hingga ketemu di lain waktu lagi, jaa na

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel