Informasi Perihal Jlpt (Japanese Language Proficiency Test)

Kalau ngomongin yang namanya JLPT pastinya udah pada banyak yang tau kan? Tapi mungkin juga masih ada beberapa sahabat yang belum tau apa itu JLPT? Jadi semoga pada tau semua mari kita bahas perihal JLPT sama-sama di postingan kali ini yuk^^ eksklusif ya.

JLPT ialah abreviasi dari Japanese Language Proficiency Test atau kalau dalam bahasa Jepangnya disebut 日本語能力試験(nihongo nouryoku shiken). Ujian kemampuan bahasa Jepang yang ditujukan untuk orang-orang yang mempunyai bahasa ibu bukan bahasa Jepang. ya semacam TOEFL lah, bedanya kalau TOEFL itu kan test bahasa Inggris kalau JLPT ialah test bahasa Jepang^^.

Dalam JLPT terdapat 5 level yaitu N1, N2, N3, N4 dan N5. N5 ialah level terendah dan N1 ialah level tersulit. dan inilah patokan untuk masing-masing level JLPT.

N5 : Menguasai Kanji sekitar : 100
menguasai kosakata sekitar : 800
dan bisa memahami kalimat standar jikalau ditulis dengan hiragana atau dengan kanji yang sangat sederhana.

N4 : Menguasai Kanji sekitar : 300
menguasai kosakata sekitar : 1500
dan sanggup mengerti percakapan sehari-hari, jikalau diucapkan dengan lambat, dan sanggup membaca bahan sederhana

N3 : Menguasai Kanji sekitar : 650
menguasai kosakata sekitar : 3750
bisa mengerti artikel dalam bahasa Jepang jikalau ditulis dengan kanji-kanji yang mudah, dan sanggup mengikuti perkataan orang Jepang dengan kecepatan normal.

N2 : Menguasai Kanji sekitar : 1000
Menguasai kosakata sekitar : 6000
dan sanggup memahami goresan pena dengan topic umum dan mengerti percakapan dan info dengan kecepatan normal

N1 : Menguasai Kanji sekitar : 2000
Menguasai kosakata sekitar : 10000
dan sanggup memahami banyak sekali macam percakapan dalam situasi tertentu. juga sanggup memahami perbedaan nuansa dalam kalimat jikalau memakai kata tertentu.

Waw, susah banget ya untuk bisa lulus N1, perlu berapa taun ya, N2 aja udah sangat susah, apalagi N1 ya (T.T). Tapi kita harus yakin ya suatu ketika bisa melampaui N1, bayangkan 2000Kanji dan 10000 Kosakata men! dan itu bukan cuma harus dihafal, tapi menguasai, sahabat tau kan apa bedanya kata hafal dan menguasai^^.

Adapun soal-soal yang ujiannya terdapat 4 sesi ujian yaitu :

  • 文字語意 (mojigoi) : menguji kemampuan penerima dalam memahami kosakata dalam bahasa Jepang dan kanji
  • 聴解 (choukai) : menguji kemampuan penerima dalam mendengar dan memahami obrolan dalam bahasa Jepang
  • 読解 (dokkai) : menguji kemampuan penerima dalam memahami artikel dalam bahasa Jepang
  • 文法 (bunpou) : menguji kemampuan penerima dalam memahami grammar bahasa Jepang

Sertifikat JLPT ini biasanya diharapkan jikalau ingin melamar kerja di perusahaan Jepang atau ingin magang atau melanjutkan kuliah ke Jepang.

JLPT biasanya diselenggarakan 2 kali setahun yaitu bulan desember dan bulan juli? Hehe bener nggak? Maklum riizhu kan belum pernah nyoba JLPT, soalnya nggak ada di daerahku (T.T)  #kawaishouuuu.

Di Indonesia JLPT diselenggarakan di 7 kota yaitu : Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Denpasar dan Padang. tuh kan nggak ada di tempat kalsel, bahkan nggak ada di tempat Kalimantan, hidoi yo(≧m≦;;).

Itulah sedikit info mengenai JLPT, nah kini semua udah pada tau dong^^, untuk informasi yang lebih rinci lagi silahkan buka situs resminya eksklusif di http://www.jlpt.jp/e/


Wah iya, sebentar lagi kan bulan Juli ya, riizhu doain semoga bisa sukses deh yang lagi ikutan JLPT tahun ini dan tahun-tahun yang akan tiba di level mana aja, ganbatte kudasai ne v(≧∇≦)v, dan semoga riizhu bisa menyusul dan bisa ikutan juga ujian JLPT suatu ketika nanti, ganbaru zo^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel