Mengatakan Dilarang Dalam Bahasa Jepang (~てはだめ/ならない/いけない)

Setelah membaca habis postingan ini, maka teman akan menerima suatu ilmu grammar bahasa Jepang gres yang cukup penting juga^^ yaitu pelajaran bagaimana cara menyampaikan dihentikan dalam bahasa Jepang. Silahkan disimak pelajaran tata bahasa kali ini yuaa(=ↀωↀ=)✧.

Sebelumnya, biar teman tidak pusing dan sanggup mengerti sepenuhnya pelajaran ini, maka teman harus tau dulu hukum cara mengubah kata kerja bentuk-te, buat yang belum sanggup silahkan kuasai dulu cara pengubahan kata kerja ke bentuk-te silahkan (baca : di sini). buat yang udah menguasai pelajaran kata kerja bentuk-te mari kita lanjut belajarnya ya^^ hajimemashou.

Bagaimana cara mengubah kata kerja ke dalam kata kerja bentuk larangan yang kini kita pelajari kali ini. caranya cukup gampang lho, teman tinggal ikuti cara-cara di bawah ini dan perhatikan misalnya dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Konjugasi kata kerja bentuk larangan (tidak boleh)

Pertama-tama teman harus ubah dulu kata kerjanya ke bentuk-te, di sini saya tidak akan mengajari pengubahan bentuk-te lagi alasannya jikalau sudah hingga sini berarti udah menguasainya, sehabis itu tinggal teman tambahkan aja kata だめ、いけない atau ならない silahkan pilih saja sendiri. Contoh :
食べる=taberu=makan → 食べてはだめ=tabete wa dame=tidak boleh makan
見る=miru=melihat → 見てはいけない=mite wa ikenai=tidak boleh melihat
なる=naru=menjadi → なってはならない=natte wa naranai=tidak boleh menjadi
話す=hanasu=berbicara → 話してはだめ=hanashite wa dame=tidak boleh berbicara
泳ぐ=oyogu=berenang → 泳いではいけない=oyoide wa ikenai=tidak boleh berenang
死ぬ=shinu=mati → 死んではならない=shinde wa naranai=tidak boleh mati
書く=kaku=menulis → 書いてはだめ=kaite wa dame=tidak boleh menulis
愛する=aisuru=mencintai → 愛してはいけない=aishite wa ikenai=tidak boleh mencintai
来る=kuru=datang → 来てはならない=kite wa naranai=tidak boleh datang
全部食べてはだめ
zenbu tabete wa dame
tidak boleh makan semuanya

Sudah mengerti bukan? Owh iya, kau juga sanggup mengubah kata いけない dan ならない ke dalam bentuk sopan negatifnya lho, ke dalam bentuk masu-kei, yaitu いけない yakni kata kerja kelompok 2 jadi negatif masu-keinya adalah いけません、ならない yakni kata kerja kelompok 1 maka bentuk masu negatifnya adalah なりません. Contoh :
逃げる=nigeru=melarikan diri → 逃げてはいけません=nigete wa ikemasen=tidak boleh melarikan diri
苦しむ=kurushimu=bersedih → 苦しんではなりません=kurushinde wa narimasen=tidak boleh bersedih
眠いときに運転してはなりません
nemui toki ni unten shite wa narimasen
tidak boleh menyetir saat mengantuk
Dan dalam percakapan santai/sehari-hari terkadang grammar te wa dame/ikenai/naranai ini sering disingkat menjadi cha dame/ikenai/naranai. Beda dengan versi kependekan dari nakute wa dame yang sanggup disingkat dan dibuang embel-embel dame/ikenai/naranai nya, dalam bentuk dihentikan ini meski disingkat tapi harus tetap menyertakan dame/ikenai/naranai nya.. Contohnya :
隠す=kakusu=menyembunyikan >> 隠しちゃだめ=kakushicha dame=tidak boleh menyembunyikan
する=suru=melakukan >> しちゃだめ=shica dame=tidak boleh melakukan
入る=hairu=masuk  >> 入ちゃいけない=haicha ikenai=tidak boleh masuk
来る=kuru=datang >> 来ちゃならない=kicha naranai=tidak boleh datang
この記事を読んじゃだめ
kono kiji o yonja dame
tidak boleh membaca artikel ini
Mengenai perbedaan だめ、いけない dan ならない, hmm, だめ dan いけない lebih sering dipakai pada percakapan, だめ lebih cenderung dipakai di percakapan santai dan いけません lebih sering dipakai dalam percakapan sopan. untuk ならない itu dipakai pada sesuatu larangan umum atau hukum umum dll.

Baca juga: Mengatakan "Harus" dalam Bahasa Jepang ( nakute wa dame/naranai/ikenai)

Nah, udah mengerti semuanya kan? Dan udah nambah lagi deh pengetahuan grammar bahasa Jepang kita^^. Selesai sudah pelajaran kita kali ini. buat teman yang masih belum mengerti silahkan bertanya di kolom komentar, hingga ketemu lagi di lain waktu ya. bye bye.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel