Perbedaan Kata Kerja Aru Dan Iru (ある、いる)

Di pelajaran ini kita akan khusus membahas tentang dua kata kerja aru dan iru, kata kerja yang mempunyai arti sama namun berbeda penggunaannya. Pelajaran ini dapat dibilang pelajaran yang sangat-sangatlah awal jadi buat yang udah bisa, boleh diskip. berdasarkan saya masih ada pemula yang butuh pelajaran ini makanya saya posting di sini^^.

Kata kerja aru termasuk ke dalam golongan kata kerja godan doushi (kata kerja golongan 1) jadi bentuk masu nya yaitu dengan mengubah suara vocal u ke i kemudian di tambahkan masu. jadilah "arimasu". bentuk sopan (masu-kei)nya dari aru. dan perlu diperhatikan bahwa negatif dari aru yaitu nai bukan aranai, ini yaitu pengecualian dari hukum konjugasi negatif kata kerja^^. dan untuk negatif masu-keinya yaitu arimasen.

Sedangkan kata kerja iru termasuk ke dalam ichidan doushi (kata kerja golongan 2) dan cara mengubah ke bentuk masu nya yaitu dengan membuang akhiran ru dan menambahkan masu. sampai menjadi "imasu" Berhati-hatilah dalam membedakan iru (居る)=ada dan iru (要る)=butuh/perlu. nah di bacanya sama kan?^^ cara membedakannya hanyalah dengan meliat konteks(keadaan)nya atau dari kanjinya. oh iya, meskipun mereka dibaca sama tapi iru (ada) dan iru (perlu) termasuk dalam golongan kata kerja yang berbeda sehingga mereka mempunyai konjugasi yang berbeda pula. kalau iru (perlu) termasuk dalam godan doushi (kata kerja golongan 1) dan bentuk negatifnya yaitu iranai (tidak butuh/perlu). sedangkan iru yang menyatakan keberadaan makhluk hidup termasuk ichidan doushi (kata kerja golongan 2) sehingga bentuk negatifnya yaitu inai (tidak ada)^^. nah kini udah tau dong perbedaan iru yang berarti butuh adan iru yang menyatakan keberadaan. baiklah berikutnya kita akan bahas penggunaan aru dan iru.

Aru dipakai untuk menyatakan keberadaan benda mati atau benda hidup yang tak bergerak sendiri menyerupai tumbuhan meskipun tergolong benda hidup namun tetap memakai kata kerja aru. Contohnya :
日本では梅がたくさんあります
nihon de wa ume ga takusan arimasu
di Jepang ada banyak buah plum
森に木がある
mori ni ki ga aru
di hutan ada pohon
天国があり、地獄もあり
tengoku ga ari, jigoku mo ari
ada surga, ada juga neraka
時間がない
jikan ga nai
tidak ada waktu
Dan iru dipakai untuk menyatakan keberadaan makhluk hidup menyerupai insan dan hewan. Contoh :
昨日、私は家にいました
kinou, watashi wa uchi ni imashita
kemarin saya ada di rumah
庭には猫がいる
niwa ni wa neko ga iru
di halaman ada kucing
父は家にいない
chichi wa uchi ni inai
Ayah tidak ada di rumah
砂糖があり、蟻がいる
satou ga ari, ari ga iru
ada gula, ada semut
君のいる町
kimi no iru machi
kota yang ada kamunya


Oke, selesai sudah pelajaran kita hari ini yang membahas mengenai perbedaan kata kerja aru dan iru, supaya makin paham dengan dua kata aru dan iru ini ya^^.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel