Arti Dan Penggunaan Kata Douzo (どうぞ)

Assalamualaikum sobat Blog Bahasa Jepang Bersama, kita berjumpa kembali bersama saya riizhu^^, hmm hari ini saya hanya ingin share pelajaran singkat dan dasar yakni mengenai arti kata douzo (どうぞ), yuk pribadi saja kita bahas bersama-sama.

Arti kata douzo (どうぞ)

JLPT Level: -
Arti: Silahkan
Digunakan dengan kalimat imperative. Contoh:
どうぞ座ってください
douzo suwatte kudasai
silahkan duduk
こちらへどうぞ
kochira e douzo
silahkan lewat sini
Dan sebagai tanggapan dari permintaan/permohonan. Contoh:
鉛筆を貸してもらいませんか
enpitsu o kashite moraimasen ka
bolehkan saya meminjam pensil
はい、どうぞ
hai , douzo
ya, tentu
ここで座ってもいいですか
koko de suwatte mo ii desu ka
bolehkan saya duduk disini
はい、どうぞ
hai, douzo
ya, silahkan
Untuk memperlihatkan atau memberi sesuatu pada orang lain. Contoh:
お土産、みなさんでどうぞ
omiyage, minasan de douzo
ini ada buah tangan untuk semuanya
あめをどうぞ
okashi o douzo
mau permen?
Dan dipakai dengan kata yoroshiku onegaimasu, hingga menjadi douzo yoroshiku onegaishimasu yang diucapkan ketika berkenalan sesudah memperkenalkan diri. Contoh:
僕は黒子です、どうぞよろしくお願いします
boku wa kuroko desu, douzo yoroshiku onegaishimasu
saya yakni kuroko, bahagia berkenalan denganmu.
Baca juga postingan lainnya: Situs Yang Menyediakan Download Gratis Materi Pelajaran Bahasa Jepang

Sip, itulah arti dan beberapa penggunaan dari kata douzo (どうぞ). Dengan ini berakhir sudah pelajaran kita untuk hari ini^^, hingga ketemu lagi besok di blog ini ya^^, mata ashita ne.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel