Grammar / Tata Bahasa Goto Ni (ごとに)

Mina-san, akemashite omedetou gozaimasu^^, selamat tahun gres sobat BJB semuanya, mari kita menyambut tahun gres sembari berguru bahasa Jepang. Dalam postingan perdana di tahun 2016 ini aku riizhu akan share sebuah tata bahasa yang termasuk dalam level N3, hmm, termasuk N3 apa N2 ya, grammar goto ni ini? Au ah gelap(=^・^=) yang penting kita pelajari saja. Mulai dari tahun 2016 ini aku akan berusaha untuk lebih ulet dan lebih gencar lagi dalam mengupdate blog BJB ini dan juga aktif di fanspage (tapi untuk twitter, google+ mohon maaf gak dapat aktif^^, untuk Youtube? Coming soon) agar dapat memperlihatkan bahan pelajaran bahasa Jepang yang lebih lengkap lagi, dan itu artinya aku juga harus lebih ulet lagi melatih skill dan mempelajari pengetahuan bahasa Jepang saya. Well, sebaiknya kita mulai eksklusif saja mempelajari grammar goto ni ini ya.

Tata Bahasa goto ni ( ごとに)

JLPT Level: N3
Arti: Setiap, tiap kali
Penjelasan: Tata bahasa ini berarti setiap atau tiap kali, sangat dengan たびに, tapi penggunaan ごとに, dapat dipakai pada suuryoushi (数量詞) sedangkan たびに tidak dapat digunakan, satu lagi, jikalau たびに memerlukan の untuk memodif kata benda, sedangkan ごとに tidak memerlukan の, dapat eksklusif ditambahkan ke kata benda.
Kanji: 毎に (tapi lebih sering dipakai dengan hiragana)
Setsuzoku/rumus:
Kata benda + goto ni
Kata kerja + goto ni
shuuryoushi (kata pembilang) + goto ni

Contoh kalimat:
dengan kata benda:
この学校では学期ごとに先生が変わる
kono gakkou de wa gakki goto ni sensei ga kawaru
di sekolah ini, tiap semester gurunya berganti
私は日曜日ごとに友達と一緒に買い物が出かけるよ
watashi wa nichiyoubi goto ni tomodachi to issho ni kaimono ga dekakeru yo
setiap hari ahad aku pergi berbelanja bersama dengan teman
dengan kata kerja:
日本に行くごとに私の日本人の友達の家を訪ねます
nihon ni iku goto ni watashi no nihonjin no tomodachi no ie o tazunemasu
setiap pergi ke Jepang aku mengunjungi rumah sobat Jepang saya
サッカー選手はゴールを決めるごとにお祝いします
sakkaa senshu wa gooru o kimeru goto ni oiwai shimasu
atlet sepak bola setiap mencetak gol, akan melaksanakan selebrasi
dengan shuuryoushi:
サッカーのワルドかッピは4年ごとに開催されている
sakka no warudokappu wa yonen goto ni kaisei sarete iru
piala dunia sepakbola diselenggarakan setiap 4 tahun
彼女は1年ごとに日本に帰ります
kanojo wa ichinen goto ni nihon ni kaerimasu
beliau akan pulang ke Jepang setiap satu tahun sekali

Grammar N3 lainnya: Grammar / Tata Bahasa tsuide ni ( ついでに)

Nah, bagaimana? Sangat gampang bukan?^^ aku yakin sobat semua bakalan cepat mengerti tata bahasa / grammar goto ni ( ごとに) ini, dan jikalau sudah mengerti, usahakan untuk selalu memakai tata bahasa ini setiap kalo ada kesempatan, biar apa yang telah kita pahami tidak gampang menghilang begitu saja dan dapat tersimpan ke dalam memori bawah sadar kita yang kapasitasnya jauh lebih banyak daripada memori sadar kita^^, baiklah, cukup sekian, aku riizhu, terima kasih _(_^_)_.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel